Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint-iSpring pada Materi Stoikiometri dengan Penekanan pada Tiga Level Representasi Kimia untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa

Afni, Nur (2021) Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint-iSpring pada Materi Stoikiometri dengan Penekanan pada Tiga Level Representasi Kimia untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_NUR_AFNI_19176010_5315_2021.pdf

Download (757kB) | Preview

Abstract

Stoikiometri merupakan materi yang sulit bagi siswa karena bersifat kompleks dan untuk memahaminya siswa harus mengetahui rumus molekul, merancang reaksi kimia, serta melakukan perhitungan. Supaya menjadi tidak sulit lagi, maka materi ini perlu dijelaskan dengan tiga level representasi kimia. Namun tiga level representasi kimia masih sulit dipahami oleh siswa. Kesulitan siswa dalam memahami tiga level representasi kimia disebabkan dalam proses pembelajaran siswa cenderung menggunakan representasi pada level makroskopik dan simbolik saja. Penelitian ini bertujuan mengungkap validitas, praktikalitas dan efektivitas dari media pembelajaran PowerPoint-iSpring pada materi Stoikiometri dengan penekanan pada tiga level representasi kimia untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Jenis penelitian ini adalah Reseach & Development (R&D) dengan model pengembangan Plomp. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket validitas, praktikalitas, dan soal tes. Media pembelajaran divalidasi oleh 5 orang validator. Subjek uji praktikalitas dan efektivitas yaitu 155 siswa kelas X yang terbagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol serta 3 orang guru kimia yang berasal dari SMA di Kota Padang. Uji validitas dianalisis menggunakan formula Aiken’s V dan praktikalitas dianalisis menggunakan persen praktikalitas. Hasil validitas diperoleh nilai 0,854 dengan kategori sangat valid. Hasil praktikalitas oleh guru dan siswa memperoleh hasil 88,23 dan 85,77 dengan katogori sangat praktis. Hasil efektivitas menunjukkan bahwa media pembelajaran PowerPoint-iSpring berpengaruh terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa, terbukti dengan peningkatan nilai pretest ke posttest. Hasil uji normalitas dan homogenitas menyatakan bahwa keterampilan berpikir tingkat tinggi semua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa memperoleh nilai Sig.(2-tailed) < 0,05 artinya keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa yang belajar menggunakan media pembelajaran PowerPoint-iSpring berbeda secara signifikan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 26 Jan 2022 06:56
Last Modified: 26 Jan 2022 06:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36487

Actions (login required)

View Item View Item