Hubungan Self Efficacy dan Lingkungan Pembelajaran dengan Self Directed Learning Siswa serta Implikasinya dalam Layanan Bimbingan dan Konseling

Mirzawati, Nanda (2021) Hubungan Self Efficacy dan Lingkungan Pembelajaran dengan Self Directed Learning Siswa serta Implikasinya dalam Layanan Bimbingan dan Konseling. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_NANDA_MIRZAWATI_14151013_5514_2021.pdf

Download (738kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya self directed learning yang ditunjukkan oleh siswa adalah salah satu masalah yang terkait dengan self efficacy dan lingkungan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) Self efficacy, (2) Lingkungan pembelajaran, (3) Self directed learning, dan menguji (4) hubungan antara self efficacy dengan self directed learning siswa, (5) hubungan antara lingkungan pembelajaran dengan self directed learning siswa, dan (6) menguji hubungan self efficacy dan lingkungan pembelajaran secara bersama-sama dengan self directed learning siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa SMPN 1 Enam Lingkung berjumlah 391 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proportional random sampling, jumlah sampel sebanyak 198 siswa. Instrumen yang digunakan adalah skala self efficacy yang diadopsi dari skala self efficacy Ade Chita Putri Harahap, skala lingkungan pembelajaran, dan skala self directed learning. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif, regresi sederhana, dan regresi ganda. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Secara keseluruhan self efficacy siswa berada pada kategori tinggi, (2) Lingkungan pembelajaran siswa berada pada kategori baik, (3) Self Directed Learning siswa berada pada kategori tinggi, (4) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara self efficacy dengan self directed learning siswa, (5) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan pembelajaran dengan self directed learning siswa, (6) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara self efficacy dan lingkungan pembelajaran secara bersama-sama dengan self directed learning siswa. Implikasi dari hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan untuk membuat program layanan bimbingan dan konseling yang berkaitan dengan variabel bebas seperti layanan informasi, layanan konseling perorangan, dan layanan bimbingan kelompok.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 26 Jan 2022 02:55
Last Modified: 26 Jan 2022 02:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36485

Actions (login required)

View Item View Item