Peningkatan Hasil Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas V SDN 13 Surau Gadang Kota Padang

Rasikhah, Inas Rana (2021) Peningkatan Hasil Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas V SDN 13 Surau Gadang Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_INAS_RANA_RASIKHAH_17129039_6097_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu. Hal ini dikarenakan kurang optimalnya pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu yang dilakukan oleh guru yang mana pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga reaksi siswa cenderung pasif dan kurang berminat dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran tematik terpadu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang mrenggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif yang dilaksanakan dua siklus. Siklus 1 terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus II terdiri dari satu kali pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 13 Surau Gadang Kota Padang dengan jumlah siswa 24 orang yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Prosedur penelitan meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data berasal dari hasil pengamatan, tes dan nontes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada: a) RPP siklus I memperoleh rata-rata presentase 81,94% dengan kualifikasi baik (B) kemudian meningkat pada siklus II menjadi 94,44% dengan kualifikasi sangat baik (A), b) pelaksanaan aktivitas guru siklus I memperoleh rata-rata persentase 85,71% dengan kualifikasi baik (B) kemudian meningkat pada siklus II menjadi 92,85% dengan kualifikasi sangat baik (A), c) pelaksanaan aktivitas siswa siklus I memperoleh rata-rata persentase 80,35% dengan kualifikasi baik (B) kemudian meningkat pada siklus II menjadi 92,85% dengan kualifikasi sangat baik (A), dan d) hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata hasil belajar 72,61 dengan predikat (C) kemudian meningkat pada siklus II menjadi 81,59 dengan predikat (B). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU, MODEL PROBLEM BASED LEARNING
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 26 Jan 2022 02:55
Last Modified: 26 Jan 2022 02:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36483

Actions (login required)

View Item View Item