Pengembangan E-Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Integrated Guided Inquiry (IGI) untuk Kelas XI SMA/MA

Meliza, Meliza (2021) Pengembangan E-Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Integrated Guided Inquiry (IGI) untuk Kelas XI SMA/MA. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_MELIZA_19176019_5012_2021.pdf

Download (654kB) | Preview

Abstract

Kesetimbangan kimia merupakan materi yang dipelajari kelas XI SMA/ MA yang terdiri dari teori dan praktikum, sehingga dibutuhkan bahan ajar yang dapat mendukung karakteristik materi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul kesetimbangan kimia berbasis integrated guided inquiry (IGI) sampai pada mengungkapkan tingkat validitas dan praktikalitas. Selain itu juga dilakukan penelitian meta-analisis untuk menentukan pengaruh model guided inquiry learning. Pengembangan e-modul dilakukan melalui model pengembangan Plomp yang terdiri 3 tahap yaitu preliminary research, prototyping phase, dan assessment phase. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi dan angket dalam bentuk lembar validitas dan praktikalitas. Sedangkan untuk penelitian meta-analisis melibatkan 15 artikel internasional bereputasi. Data yang diperoleh dari instrument penelitian dianalisis dengan menggunakan formula Aiken’s V, persentase, dan effect size. Hasil validasi isi dan konstruk e-modul diperoleh nilai rata-rata Aiken’s V sebesar 0,87 dan 0,89 sehingga dapat dinyatakan valid. Validitas ahli media e-modul diperoleh nilai rata-rata Aiken’s V sebesar 0,90 maka dapat dikatakan valid. Hasil praktikalitas e-modul oleh guru diperoleh nilai persentase sebesar 91,49% dengan kategori sangat praktis dan praktikalitas oleh siswa sebesar 87,84% dengan kategori sangat praktis. Untuk nilai rata-rata effec size pengaruh penggunaan model guided inquiry dan penggunaan e-modul terhadap hasil belajar diperoleh sebesar 0,75 dan 0,78 dengan kategori sedang. Maka disimpulkan produk yang dikembangkan berupa e-modul kesetimbangan kimia berbasis integrated guided inquiry (IGI) valid dan sangat praktis. Hal ini sejalan dengan hasil review jurnal penggunaan model guided inquiry learning dan e-modul dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 26 Jan 2022 02:55
Last Modified: 26 Jan 2022 02:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36482

Actions (login required)

View Item View Item