Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Kelas V SD Negeri 20 Sitiung.

Supriyan, Huca (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Kelas V SD Negeri 20 Sitiung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_HUCA_SUPRIYAN_17129336_4310_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang masih belum maksimal dalam pembelajaran tematik terpadu serta pembelajaran yang belum terlaksana dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta diidk pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Di Kelas V SD Negeri 20 Sitiung. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V SDN 20 Sitiung Kabupaten Dharmasraya dengan jumlah peserta didik 28 orang yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 16 orang perempuan, Teknik pengumpulan data berupa dokumen analisis dan observasi. Hasil penelitian, pada siklus I peretemuan I 80,55% kualifikasi baik (B) dan pada siklus I pertemuan II 86,11% kualifikasi baik (B). Sehingga rata-rata siklus I 83,33% kualifikasi baik (B) dan siklus II 97,22% kualifikasi sangat baik (SB). Pelaksanaan pembelajaran aspek guru siklus I pertemuan I 81,25% kualifikasi baik (B) dan pada siklus I pertemuan II 84,37% kualifikasi baik (B). Sehingga ratarata 82,81% kulifikasi baik (B) dan siklus II 96,87% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Pelaksanaan pembelajaran aspek peserta didik siklus I pertemuan I 81,25% kualifikasi baik (B) dan siklus I pertemuan II 84,37% dengan kualifikasi baik (B) sehingga rata-rata 82,81% kualifikasi baik (B) dan siklus II 96,87% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan proses pembelajaraan tematik terpadu di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU, MODEL KOOPERATIF TIPE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 26 Jan 2022 00:31
Last Modified: 26 Jan 2022 00:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36473

Actions (login required)

View Item View Item