Pengaruh Penggunaan Aplikasi Microsoft Teams dan Google Classroom terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas Xi IPS di SMA Negeri 2 Kota Bukittinggi

Ramaputra, Yovan (2021) Pengaruh Penggunaan Aplikasi Microsoft Teams dan Google Classroom terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas Xi IPS di SMA Negeri 2 Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img] Text
A_01_YOVAN_RAMAPUTRA_17045076_4296_2021.docx

Download (14kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penggunaan aplikasi Microsoft Teams dan Google Classroom di kelas XI SMA Negeri 2 Kota Bukittinggi. (2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi Microsoft Teams dan Google Classroom terhadap hasil bealajar geografi kelas XI di SMA Negeri 2 Kota Bukittinggi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan pendekatan korelasional, subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 dan XI IPS 3 mata pelajaran geografi SMA Negeri 2 Bukittinggi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan angket, disusun menggunakan bantuan Google Form dan dibagikan melalui aplikasi WhatsApp Group kelas. Teknik Sampling menggunakan total sampling dengan jumlah sampelnya sama dengan populasi, yaitu sebanyak 69 siswa. Hasil penelitian ini menyimpulkan: 1) Penggunaaan aplikasi Microsoft Teams dan Google Classroom pada mata pelajaran geografi kelas XI di SMA Negeri 2 Kota Bukittinggi dinyatakan dalam kategori sedang dengan persentase 45%. Penggunaan aplikasi Google Classroom dinyatakan pada kategori sedang dengan persentase 43%. 2) Pada pengujian simultan (F) didapatkan nilai signifikansi untuk pengaruh Microsoft Teams dan Google Classroom terhadap Hasil Belajar secara simultan adalah sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung 17,025 > Ftabel 3,13. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H3 diterima yang berarti terdapat pengaruh Microsoft Teams dan Google Classroom secara simultan terhadap Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: APLIKASI MICROSOFT TEAMS
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 25 Jan 2022 08:38
Last Modified: 25 Jan 2022 08:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36471

Actions (login required)

View Item View Item