Kontribusi Bimbingan Karir, Pengalaman Prakerin depan Guru Pembimbing terhadap Kesiapan Kerja Peserta Didik di SMK N 2 Padang

Rahmadani, Kurniati (2021) Kontribusi Bimbingan Karir, Pengalaman Prakerin depan Guru Pembimbing terhadap Kesiapan Kerja Peserta Didik di SMK N 2 Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_KURNIATI_RAHMADANI_17138023_5213_2021.pdf

Download (686kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Kurangnya relevansi materi pelajaran di sekolah dengan implementasinya di dunia industri, 2) Instruktur DU/DI hanya memberikan pengarahan mengenai apa yang perlu dikerjakan di lapangan, tanpa adanya bimbingan secara langsung, 3) Kurang memadainya bimbingan karir yang diterima peserta didik di sekolah. Para siswa hanya memperoleh sedikit informasi berkaitan dengan program keahlian yang dipilihnya, 4) Guru pembimbing hanya sebatas memonitoring siswa ke tempat Prakerin, tanpa adanya memberikan penguatan dan pengarahan yang optimal kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Kontribusi bimbingan karir dengan kesiapan kerja murid di SMK N 2 Padang, 2) Mengetahui kontribusi pengalaman prakerin dengan kesiapan kerja murid di SMK N 2 Padang, 3) Mengetahui kontribusi guru pembimbing dengan kesiapan kerja murid di SMK N 2 Padang, 4) Mengetahui kontribusi bimbingan karir Prakerin dan guru pembimbing secara bersama-sama dengan kesiapan kerja murid di SMK N 2 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian korelasional. Penelitian ini dilakukan di SMK N 2 Padang. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII di SMK N 2 Padang. Teknik pengambilan sampel dengan teknik proporsional random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 83 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa data normal, linier dan tidak terjadi multikolinieritas. Hasil penelitiannya yaitu: 1)Terdapat kontribusi bimbingan karir terhadap kesiapan kerja siswa di SMK N 2 Padang, 2) Terdapat kontribusi pengalaman prakerin terhadap kesiapan kerja siswa di SMK N 2 Padang, 3) Terdapat kontribusi guru pembimbing terhadap kesiapan kerja siswa di SMK N 2 Padang, 4) Bimbingan Karir Pengalaman Prakerin dan Guru Pembimbing secara bersama-sama memberikan hubungan positif terhadap kesiapan kerja siswa di SMK N 2 Padang sebesar 78,0%

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 25 Jan 2022 08:38
Last Modified: 25 Jan 2022 08:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36470

Actions (login required)

View Item View Item