Persepsi Siswa tentang Pembelajaran Daring di Madrasah Aliyah Negeri Kota Solok

Wulandari, Wulandari (2021) Persepsi Siswa tentang Pembelajaran Daring di Madrasah Aliyah Negeri Kota Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img] Text
A_01_WULANDARI_17045075_3091_2021.docx

Download (14kB)

Abstract

Penelitian ini membahas Persepsi Siswa Tentang Pembelajaran Daring di Madrasah Aliyah Negeri Kota Solok. Tujuan penelitian ini adalah 1) Persepsi siswa tentang dampak negatif dan positif dari pembelajaran daring, 2) Persepsi siswa tentang komitmen waktu pembelajaran daring, 3) Persepsi siswa tentang sarana selama proses pembelajaran daring, dan 4) Persepsi siswa tentang jangkuan internet di tempat tinggal siswa Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini yaitu kelas X IPS 1 sebanyak 4 orang , X IPS 3 sebanyak 2 orang , XII IPS 3 sebanyak 1 orang , XII IPA 1 sebanyak 1 orang , dan XII IPA 2 sebanyak 2 orang jadi jumlah informan penelitian adalah 10 orang. Analisis data dalam penelitian ini meliputi : pengumpulan data, reduksi data, peyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa 1) persepsi siswa dari segi negatif dalam pembelajaran daring adalah minat belajar siswa menjadi berkurang, pembelajaran yang dilakukan cenderung lebih ke tugas, dan materi tidak tersampaikan dengan baik. Sedangkan, persepsi siswa dari segi positif pembelajaran daring adalah peserta didik dapat berkomunikasi secara mudah melalui internet dan media yang digunakan lebih bervariasi, 2) Persepsi siswa tentang komitmen waktu belajar sudah diterapkan dengan baik, 3) Persepsi siswa tentang sarana selama pembelajaran daring masih terbatas, 4) Persepsi siswa tentang jangkauan internet adalah kondisi signal yang tidak stabil karena kebanyakan siswa berada ditempat yang terpencil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN DARING
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 25 Jan 2022 08:38
Last Modified: 25 Jan 2022 08:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36469

Actions (login required)

View Item View Item