Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Kelas V Tema 1 di Sekolah Dasar

Amris, Firda Khairati (2021) Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Kelas V Tema 1 di Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_FIRDA_KHAIRATI_AMRIS_19124046_5670_2021.pdf

Download (515kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan bahan ajar yang belum optimal.Karena penggunaan bahan ajar yang ada di sekolah belum memenuhi karateristik dan kebutuhan peserta didik.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar dan menghasilkan bahan ajar tematik dengan model Discovery Learning untuk siswa kelas V SD yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development). Model pegembangan yang digunakan adalah model 4D. Penelitian ini di lakukan di SDN 01 V Koto Kampung Dalam.Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD. Data penelitian uji validitas diperoleh melalui validasi RPP dan bahan ajar.Data kepraktisan dikumpul melalui lembar observasi keterlaksanaan RPP, angket respon guru dan siswa.Keefektifan dilihat dari hasil belajar siswa.Data yang terkumpul dianalisis berdasarkan hasil penelitian. Berdasarkan uji validitas, diperoleh data bahwa RPP dan bahan ajar dari validator ahli dan validator praktisi dengan kategori sangat valid.Hasil uji praktikalitas dari keterlaksanaan RPP, penilaian respon guru dan penilaian respon siswa dengan kategori sangat praktis.Hasil uji efektivitas baik.Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar tematik dengan model Discovery Learning untuk siswa kelas V SD sudah valid, praktis, dan efektif

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 25 Jan 2022 08:38
Last Modified: 25 Jan 2022 08:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36467

Actions (login required)

View Item View Item