Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Di Kelas IV SDN 33 Sawahan.

Hayyi, Hanna Ayatul (2021) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Di Kelas IV SDN 33 Sawahan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_HANNA_AYATUL_HAYYI_17129035_2767_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan yang ditemukan di lapangan yaitu guru belum mengembangkan RPP yang terdapat pada buku guru, pembelajaran berpusat pada guru, siswa cenderung pasif dalam pembelajaran mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model kooperatif tipe NHT di kelas IV SDN 33 Sawahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan pendekatan yang digunakan yaitu kualititatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian yaitu terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret bertetapan pada semester II tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa Kelas IV SDN 33 Sawahan dimana tercatat siswa sebanyak 28 orang, 10 orang siswa laki-laki dan 18 orang siswi perempuan. Instrumen penelitian adalah lembar observasi berupa lembar pengamatan RPP, lembar pengamatan aspek guru dan lembar pengamatan siswa. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dengan tiga kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam a) Perencanaan siklus I memperoleh nilai rata-rata 79.11% dengan kualifikasi cukup (C), meningkat pada siklus II menjadi 94% dengan kualifikasi sangat baik (SB), b) Pelaksanaan pembelajaran siklus I aspek guru memperoleh nilai rata-rata 79,5% dengan kualifikasi cukup (C) , meningkat pada siklus II aspek guru memperoleh nilai 93%, dengan kualifikasi sangat baik (SB), aspek siswa memperoleh nilai 79,5 % dengan kualifikasi cukup (C), meningkat siklus II aspek siswa memperoleh nilai 93% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Hasil belajar siswa pada siklus I di peroleh rata-rata 80,71 dengan kualifikasi B, meningkat pada siklus II menjadi 93,08 dengan kualifikasi SB. Dapat disimpulkan bahwa dengan model kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 33 Sawahan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE, PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 25 Jan 2022 07:24
Last Modified: 25 Jan 2022 07:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36466

Actions (login required)

View Item View Item