Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Di Kelas II SDN 173362 Sibandang Kab. Tapanuli Utara.

Ompusunggu, Dewi (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Di Kelas II SDN 173362 Sibandang Kab. Tapanuli Utara. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_DEWI_OMPUSUNGGU_17129018_5995_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Hasil pembelajaran tematik terpadu di Sekolah Dasar (SD) saat ini belum memuaskan karena tidak terlaksana sesuai dengan tuntutan pembelajaran tematik terpadu, untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Picture And Picture dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Picture And Picture dalam pembelajaran tematik terpadu. Manfaat dari penelitian ini ialah untuk memberikan inovasi model pembelajaran pembelajaran kooperatif tipe Picture And Picture. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 173362 Sibandang Kabupaten Tapanuli Utara. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian diperoleh dari observasi dan hasil tes. Penelitian dilakukan pada semester II tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas II SDN 173362 Sibandang Kab. Tapanuli Utara sebanyak 10 orang. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) RPP siklus I memperoleh rata-rata 81,77% (B), siklus II 97,72% (SB); b) pelaksanaan pada aspek guru siklus I memperoleh rata-rata 87,49% (B) dan siklus II 95,83% (SB); c) pelaksanaan pada aspek peserta didik siklus I memperoleh rata-rata 79,16% (C) dan siklus II 95,83% (SB); d) hasil belajar peserta didik siklus I memperoleh ratarata 78,45 (C) dan siklus II 88,49 (B). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas II SDN 173362 Sibandang Kab. Tapanuli Utara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, PICTURE AND PICTURE, PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 25 Jan 2022 07:24
Last Modified: 25 Jan 2022 07:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36465

Actions (login required)

View Item View Item