Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Model Problem Based Learning pada Tema 8 Subtema 3 di Kelas IV SD Negeri 04 Sungai Beremas Pasaman Barat.

Pramitha, Chintya (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Model Problem Based Learning pada Tema 8 Subtema 3 di Kelas IV SD Negeri 04 Sungai Beremas Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_CHINTYA_PRAMITHA_17129305_4301_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian pada tema 8 subtema 3 dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar peserta didik hal ini disebabkan karena guru belum mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan nyata peserta didik, disamping itu guru belum terlihat membimbing peserta didik belajar dalam kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dengan model Problem Based Learning pada pembelajaran tema 8 subtema 3. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus, pada siklus I dilaksanakan dua kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan satu kali pertemuan yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II Tahun Ajaran 2020/2021. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas IV selaku pengamat (observer), peneliti selaku praktisi dan peserta didik kelas IV SDN 04 Sungai Beremas yang berjumlah 25 orang yang terdiri dari 10 peserta didik laki-laki dan 15 peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan non tes, dengan instrumennya berupa lembar observasi, lembar soal dan lembar pengamatan sikap dan keterampilan. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan pada beberapa aspek, diantaranya: a) RPP, siklus I memperoleh persentase keberhasilan 80% (baik) mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 95% (sangat baik); b) Aktivitas guru pada pelaksanaan siklus I memperoleh persentase keberhasilan yaitu 75% (cukup) mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 95% (sangat baik) c) Aktivitas peserta didik pada pelaksanaan siklus I memperoleh persentase keberhasilan yaitu 75% (cukup) mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 90% (baik), dan d) Penilaian hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh nilai dengan rata-rata 77 dengan persentase ketuntasan 72% mengalami peningkatan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 84,57 dengan persentase ketuntasan sebesar 92%. Berdasarkan penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa modelProblem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada tema 8 subtema 3.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, MODEL PROBLEM BASED LEARNING, PESERTA DIDIK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 25 Jan 2022 07:24
Last Modified: 25 Jan 2022 07:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36464

Actions (login required)

View Item View Item