Pengembangan Model Contextual Teaching and Learning dengan Pendekatan E-Learning Edmodo Pada Mata kuliah Kecerdasan Buatan

Azhar, Zulfi (2021) Pengembangan Model Contextual Teaching and Learning dengan Pendekatan E-Learning Edmodo Pada Mata kuliah Kecerdasan Buatan. Doctoral thesis, Program Doktor Pasca Sarjana Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_ZULFI_AZHAR_17193073_3888_2021.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan materi perkuliahan di STMIK Royal Kisaran selama ini masih menggunakan model pembelajaran secara langsung dimana dosen memberikan perkuliahan secara langsung kepada mahasiswa pada aktivitas belajar dan mengajar di ruangan kelas dan juga di ruang laboratorium komputer. Berdasarkan pengamatan terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama ini, ternyata ada permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran. Ketika dosen akan menyampaikan materi pelajaran kepada mahasiswa ternyata mahasiswa kurang fokus dalam mendengarkan, memperhatikan pada penyampaian yang diberikan oleh dosen. Model pembelajaran yang dilaksanakan adalah model pembelajaran secara langsung yang tidak melibatkan mahasiswa untuk mampu berpartisipasi aktif dan interaktif selama dalam kegiatan pembelajaran berlangsung. Nilai yang diperoleh mahasiswa pada hasil belajar mahasiswa tidak optimal, sehingga mahasiswa belum memahami tentang tujuan dari materi pelajaran yang mereka ikuti tersebut. Aktivitas belajar yang belum optimal akan dapat berdampak pada kegiatan hasil belajar dan khususnya pada materi perkuliahan selanjutnya. Berdasarkan permasalahan tersebut pentingnya pengembangan pada penelitian model pembelajaran konvensional tersebut ke model yang mampu mengkonstruksi pengetahuan mahasiswa yang ada dengan menggabungkan dengan pengetahuan baru dengan menggunakan pengetahuan artificial inteligence dengan menghubungkannya pada model Contextual Teaching and Learning (CTL).Prosedur penelitian dan pengembangan model ini dilakukan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Model yang dihasilkan ini menjadi model baru yang menghasilkan 6 sintak dengan hasil produk model pembelajaran ini dinyatakan cukup efektif dan memiliki dampak terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa dari aspek kognitif, afektif dan psikomotor.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning, Model pembelajaran, Kecerdasan Buatan
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S3
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 25 Jan 2022 07:23
Last Modified: 25 Jan 2022 07:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36460

Actions (login required)

View Item View Item