Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Simulasi (PBPS) Untuk Mata kuliah Budaya Alam Minangkabau di Perguruan Tinggi.

Zulfa,, Zulfa, (2021) Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Simulasi (PBPS) Untuk Mata kuliah Budaya Alam Minangkabau di Perguruan Tinggi. Doctoral thesis, Program Doktor Pasca Sarjana Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_ZULFA_17169023_2731_2021.pdf

Download (150kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh karena belum adanya model pembelajaran yang dapat meningkatkan nilai-nilai karakter mahasiswa di peguruan tinggi. Dari hasil analisis kebutuhan yang dilakukan, dirasakan sangat diperlukan model pembelajaran yang dapat membantu dosen dan mahasiswa dalam menumbuhkan kembali pengetahuan tentang budaya alam Minangkabau di perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model pembelajaran berbasis proyek simulasi untuk mata kuliah Budaya Alam Minangkabau di perguruan tinggi.Metode penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan resarch and development (R and D) dengan menggunakan desain pengembangan Plomp yang melalui 3 langkah yaitu: Preliminary Research, Prototyping Phase, Dan Assesment Phase. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa UIN Imam Bonjol dan STKIP PGRI Sumatera Barat. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan, kuisioner, pedoman wawancara, tes, panduan observasi dan lembar validasi untuk setiap perangkat model yang dikembangkan. Instrumen penelitian divalidasi oleh pakar atau ahli. Data yang dikumpulkan diolah dan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Uji efektivitas model PBPS menggunakan analisis statistik parametrik dengan uji ANOVA dua arah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran PBPS dalam pembelajaran Budaya Alam Minangkabau dinyatakan valid berdasarkan karakteristik konten, kegrafikaan dan bahasa pada sistem pendukung model pembelajaran PBPS. Hasil uji praktikalitas pada one-to-one evaluation dan small group evaluation perangkat model pembelajaran PBPS memenuhi kriteria praktis. Kepraktisan perangkat model PBPS dirasakan oleh mahasiswa terutama dalam beberapa hal di antaranya; (1) tahapan proses pembelajaran mudah dipahami, (2) buku mahasiswa sangat membantu untuk mempelajari dan memahami materiBudaya Alam Minangkabau, dan (3) perangkat model PBPS menarik untuk dibaca dan dipelajari. Hasil uji efektivitas model PBPS menunjukkan bahwa penerapan model PBPS di mata kuliah Budaya Alam Minangkabau efektif untuk membangun nilai-nilai karakter dalam literasi budaya pada aspek cognitive, fellingdan Action pada mahasiswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran PBPS biasa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model PBPS yang peneliti kembangkan ini valid, praktis, efektif dan layak digunakan pada pembelajaran budaya Minangkabau di perguruan tinggi.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Pasca Sarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 25 Jan 2022 07:23
Last Modified: 25 Jan 2022 07:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36459

Actions (login required)

View Item View Item