Pengembangan Model Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru (PKPG) oleh Kepala Sekolah.

Deswita, Yeni (2021) Pengembangan Model Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru (PKPG) oleh Kepala Sekolah. Doctoral thesis, Program Doktor Pasca Sarjana Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_YENI_DESWITA_1204388_188_2021.pdf

Download (73kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini tentang pembinaan kompetensi pedagogik guru SD dalam pelaksanaan pembelajaran. Inti permasalahan adalah belum adanya model pembinaan kompetensi pedagogik guru yang dapat dijadikan acuan oleh kepala sekolah. Tujuan penelitian ini adalah membangun model pembinaan kompetensi pedagogik guru yang dapat dijadikan salah satu rujukan bagi kepala sekolah dalam melaksanakan tugas pembinaan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan menggunakan 5 (lima) langkah ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implementation, Evaluation). Data dalam penelitian ini terdiri dari data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif dikumpulakan dengan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Data kuantitatif dikumpulkan dengan menggunakan angket. Data kualitatif dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Data kuantitatif dianalisis dengan statistika deskriptif. Temuan penelitian terkait dengan kompetensi pedagogik guru SD Kota Solok menunjukkan bahwa dalam pengamatan kepala sekolah, kemampuan guru melaksanakan pembelajaran berada pada nilai rata-rata 58%. Untuk tingkat pemahaman guru tentang kompetensi pedagogik guru dengan nilai rata-rata 43. untuk kebutuhan materi pembinaan, ditemukan persentase tertinggi yang dibutuhkan yaitu pada indikator Peningkatan pemahaman guru terhadap peserta didik 84 % dan Peningkatan kemampuan guru dalam pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis sebesar 75 %. Terkait proses pembinaan kompetensi guru menunjukkan bahwa pembinaan yang dilakukan masih fokus pada aspek administratif untuk melengkapi nilai dalam PKG dan belum dilakukan sesuai dengan tahapan yang semestinya.Penelitian ini telah mengembangkan model pembinaan kompetensi pedagogik guru yang terdiri dari (1) Buku Pedoman PKPG, (2) Buku Panduan Kepala Sekolah dalam PKPG, dan (3) Buku Panduan Guru dalam PKPG. Model ini dilengkapi dengan instrumen pengamatan terhadap kompetensi pedagogik guru dan strategi kepala sekolah dalam menjalankan pembinaan. Model sudah dinyatakan valid oleh validator pakar. Hasil ujicoba model pada kelompok terbatas menunjukkan bahwa model dinyatakan praktis dan efektif digunakan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru SD

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Pasca Sarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 25 Jan 2022 07:23
Last Modified: 25 Jan 2022 07:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36456

Actions (login required)

View Item View Item