Perbedaan Kejenuhan Belajar Siswa Full Day School dan Non Full Day School

Wahyuli, Rahmi (2020) Perbedaan Kejenuhan Belajar Siswa Full Day School dan Non Full Day School. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_A_RAHMI_WAHYULI_16006052_142_2021.pdf

Download (333kB) | Preview

Abstract

Kejenuhan belajar adalah kondisi fisik maupun mental individu yang mengalami rasa bosan dan kelelahan yang diakibatkan dari kegiatan belajar yang tidak efektif sehingga seseorang tidak mampu melakukan aktivitas sesuai dengan harapan. Kejenuhan belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu lama waktu belajar yang digunakan, beban belajar, metode belajar yang tidak kreatif dan partisipasi siswa yang terbatas menyebabkan siswa mudah bosan atau jenuh, lingkungan belajar yang tidak mendukung, adanya konflik, tidak adanya umpan balik dalam proses belajar, serta belajar dengan terpaksa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran kejenuhan belajar siswa full day school, kejenuhan belajar siswa non full day school dan perbedaaan kejenuhan belajar siswa full day school dan non full day school. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dan komparatif. Dengan populasi siswa kelas VIII dan IX SMP Negeri 7 Padang dan SMP Negeri 22 Padang sebanyak 1.021 siswa.Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 250 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dengan model skala Likert dan pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan angket online yang dibuat menggunakan google formulir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kejenuhan belajar siswa yang menerapkan sistem belajar full day school pada umunya berada pada kategori sedang dan kejenuhan belajar siswa yang menerapkan sistem belajar non full day school pada umunya berada pada kategori rendah. Selanjutnya, temuan penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kejenuhan belajar siswa full day school dan non full day school. Dapat disimpulkan siswa di sekolah full day school cenderung mengalami kejenuhan belajar dibandingkan siswa di sekolah non full day school

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 25 Jan 2022 03:12
Last Modified: 25 Jan 2022 03:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36454

Actions (login required)

View Item View Item