Peningkatan Proses Pembelajaraan Tematik terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Listening Team di Kelas VB SDN 06 Piai Tangah Kota Padang.

Aruan, Amelia Wiranti (2021) Peningkatan Proses Pembelajaraan Tematik terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Listening Team di Kelas VB SDN 06 Piai Tangah Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_AMELIA_WIRANTI_ARUAN_17129007_2519_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa pelaksanaan proses pembelajaraan tematik terpadu belum terlaksana dengan baik. Kemudian ditemukan Guru kurang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam rangka mengembangkan kemampuanya pada kelompok dalam menemukan permasalahan-permasalahan kontekstual yang sedang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peningkatan Proses Pembelajaraan Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Listening Team Di Kelas VB SDN 06 Piai Tangah Kota Padang. Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas, dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas VB SDN 06 Piai Tangah Kota Padang dengan jumlah peserta didik 20 orang yang terdiri dari 8 orang perempuan dan 12 orang laki-laki, Teknik pengumpulan data berupa dokumen analisis dan observasi. Hasil Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, pada siklus I peretemuan I 75% kualifikasi cukup (C) dan pada siklus I pertemuan II 83.33% kualifikasi (B). Sehingga rata-rata siklus I 79,16% kualifikasi cukup (C) dan siklus II 97,22% kualifikasi sangat baik (SB). Pelaksanaan pembelajaran aspek guru siklus I pertemuan I 75% kualifikasi cukup (C) dan pertemuan II 85,71% kualifikasi baik (B), sehingga rata-rata 80,35% kulifikasi baik (B) dan siklus II 96,42% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Pelaksanaan pembelajaran aspek peserta didik siklus I pertemuan I 75% kualifikasi (C) dan siklus II 85,71% kulifikasi baik (B) sehingga rata-rata 80,35% kualifikasi baik (B) dan siklus II 96,42% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe Listening Team dapat meningkatkan proses pembelajaraan tematik terpadu di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAAN, MODEL KOOPERATIF TIPE LISTENING TEAM, PEMBELAJARAN TEMATIK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 25 Jan 2022 03:01
Last Modified: 25 Jan 2022 03:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36441

Actions (login required)

View Item View Item