Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Profesionalisme guru, dan Manajemen Sekolah Efektif Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Madrasah Aliyah di Kabupaten Kerinci.

Saaduddin, Saaduddin (2021) Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Profesionalisme guru, dan Manajemen Sekolah Efektif Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Madrasah Aliyah di Kabupaten Kerinci. Doctoral thesis, Program Doktor Pasca Sarjana Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_SAADUDDIN_51794_1835_2021.pdf

Download (80kB) | Preview

Abstract

Dilihat dari data Ujian Nasional beberapa tahun terakhir, hasil belajar siswa Madrasah Aliyah Kabupaten Kerinci belum sesuai harapan. Oleh karena itu, manajemen Sekolah efektif di Madrasah perlu dibangun dan dikembangkan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Madrasah perlu diberikan referensi sebagai bahan kajian untuk dipedomani komponen-komponen yang mana saja dan bagaimana pengaruhnya dalam membangun manajemen sekolah yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini melibatkan seluruh Madrasah Aliyah yang ada di Kabupaten Kerinci dengan populasi 1835 orang yang terdiri dari siswa, guru, dan kepala sekolah. Sampel penelitian adalah 179 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Tingkat Capaian Responden (TCR) untuk variabel Kepala sekolah berada pada kategori tinggi, 2)TCR untuk variabel Profesionalisme guru berada pada kategori sedang, 3) TCR untuk variabel Manajemen Sekolah efektif berada pada kategori tinggi 4)TCR untuk hasil belajar peserta didik berada pada kategori tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap manajemen sekolah efektif; profesionalisme guru berpengaruh signifikan terhadap manajemen sekolah efektif; manajemen sekolah efektif berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik; kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar, profesionalisme guru berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar; terdapat pengaruh tak langsung kepemimpinan kepala sekolah terhadap hasil belajar peserta didik melalui manajemen sekolah efektif; terdapat pengaruh tak langsung profesionalisme guru terhadap hasil belajar peserta didik melalui manajemen sekolah efektif; dan terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah, profesionalisme guru, dan manajemen sekolah efektif secara simultan terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pasca Sarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 25 Jan 2022 03:01
Last Modified: 25 Jan 2022 03:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36439

Actions (login required)

View Item View Item