Pelaksanaan Tugas Guru BK di Sekolah berdasarkan Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014.

Ismadiyyah, Ulfa (2021) Pelaksanaan Tugas Guru BK di Sekolah berdasarkan Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_ULFA_ISMADIYYAH_17006040_4051_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih adanya fenomena beberapa guru BK yang dalam melaksanakan tugas guru BK di sekolah, salah satunya dalam penyusunan progam BK tidak sesuai dengan panduan struktur progam BK berdasarkan Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan tugas guru BK di sekolah berdasarkan Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014. Jenis penelitian ini adalah deskriptif menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 30 orang guru BK di SMP Negeri dan Swasta di Kecamatan Padang Timur, Kota Padang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan model skala likert, serta pedoman wawancara yang digunakan untuk melengkapi data awal yang dikumpulkan melalui angket. Data dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan tugas guru BK di sekolah berdasarkan Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014 dilihat dari struktur progam BK secara keseluruhan dengan teknik pengumpulan data melalui angket berada pada kategori sangat baik dan baik. Berdasarkan (1) aspek rasional yang berada pada kategori sangat baik dengan persentase 90%, menunjukkan bahwa guru BK (2) aspek visi dan misi yang berada pada kategori sangat baik dengan persentase 56,67%, (3) aspek deskripsi kebutuhan yang berada pada kategori baik dengan persentase 40%, (4) aspek tujuan yang berada pada kategori sangat baik dengan persentase 53,33%, (5) aspek komponen progam yang berada pada kategori baik dengan persentase 36,67%, (6) aspek bidang layanan yang berada pada kategori baik dengan persentase 43,33%, (7) aspek rencana operasional yang berada pada kategori baik dengan persentase 60%, (8) aspek pengembangan tema/topik yang berada pada kategori sangat baik dengan persentase 53,33%, (9) aspek evaluasi, pelaporan, dan tindak lanjut yang berada pada kategori baik dengan persentase 50%, (10) aspek anggaran biaya yang berada pada kategori baik dengan persentase 46,67%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: GURU, BIMBINGAN KONSERLING, PERATURAN MENTERI
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 25 Jan 2022 02:33
Last Modified: 25 Jan 2022 02:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36437

Actions (login required)

View Item View Item