Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Pendekatan Saintifik Di Kelas II SDN 11 Koto Marapak Kota Pariaman

Mardatilah, Qarina (2020) Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Pendekatan Saintifik Di Kelas II SDN 11 Koto Marapak Kota Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_A_QARINA_MARDATILAH_16129377_191_2021.pdf

Download (290kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu, karena guru belum mampu melaksanakan penggunaan pendekataan saintifik dengan optimal. Sehingga berakibat kepada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar tematik terpadu di kelas II SDN 11 Koto Marapak Kota Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN II Koto Marapak Kota Pariaman dengan jumlah siswa 13 orang, peneliti sebagai praktisi dan guru kelas sebagai observer. Penelitian ini di laksanakan sebanyak II siklus, yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahawa dalam a) rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) siklus I dengan memperoleh rata-rata 77.77% dengan kualifikasi baik (B), aspek guru memperoleh rata-rata 79.16% dengan kualifikasi baik (B), aspek siswa memperoleh rata-rata 79.16% dengan kualifikasi baik (B) hasil belajar siklus I memperoleh rata-rata 76.00% dengan kualifikasi cukup (C), b) rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) siklus II memperoleh rata-rata 91,67% dengan kualifikasi sangat baik (SB), aspek guru memperoleh rata-rata 95.83% dengan kualifikasi sangat baik (SB), aspek siswa memperoleh rata-rata 95.83% dengan kualifikasi sangat baik (SB), ) hasil belajar siklus II memperoleh rata-rata 89.42% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa penggunaan pendekatan saintifik dapat meningkatkan Hasil Belajar Tematik Terpadu Di Kelas II SDN 11 Koto Marapak Kota Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 25 Jan 2022 01:37
Last Modified: 25 Jan 2022 01:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36435

Actions (login required)

View Item View Item