Persepsi Siswa tentang Pelaksanaan Layanan Konseling Individual pada Era Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 10 Padang.

Afdal, Teci (2021) Persepsi Siswa tentang Pelaksanaan Layanan Konseling Individual pada Era Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 10 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_TECI_AFDAL_17006078_4306_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penyebaran virus Covid-19 yang sangat cepat mengharuskan masyarakat untuk bekerja dari rumah termasuk sektor pendidikan. Sistem pembelajaran dilakukan dengan metode daring juga berdampak pada pelaksanaan layanan konseling individual. Pelaksanaan konseling individual yang dilakukan secara online akan menimbulkan persepsi yang berbeda pada setiap siswa. Fenomena di lapangan terlihat adanya siswa yang menganggap bahwa konseling individual belum optimal dalam penyelesaian masalah yang dialami siswa, adanya siswa yang beranggapan bisa menyelesaikan permasalahannya sendiri. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan persepsi siswa tentang pelaksanaan layanan konseling individual online, berkaitan dengan 1) proses pelaksanaan layanan konseling individual; 2) ketercapaian tujuan layanan konseling individual; 3) penggunaan teknik konseling individual; serta 4) kepuasan siswa mengikuti konseling individual. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah 33 orang siswa SMP Negeri 10 Padang yang pernah mengikuti konseling individual yang dilakukan secara online. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket dengan model skala Likert. Teknik analisis data menggunakan rumus statistik dalam analisis deskriptif dengan aplikasi Microsoft Office Excel 2010. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa kebanyakan dari siswa yang pernah mengikuti konseling individual secara online mempersepsi pelaksanaan layanan konseling individual baik. Kemudian 1) proses pelaksanaan layanan konseling individual cukup; 2) ketercapaian tujuan pelaksanaan layanan konseling individual baik; 3) penggunaan teknik konseling individual baik; 4) kepuasan klien mengikuti konseling individual baik. Dari hasil temuan juga disrankan kepada 1) guru BK/Konselor untuk meningkatkan pemberian layanan secara online dalam mebantu siswa mengentaskan permasalahannya dan mengembangkan potensi yang dimilikinya; 2) bagi sekolah diharapkan dapat membantu guru BK dalam meningkatkan pemberian layanan konseling secara online dan 3) peneliti selanjutnya diharapkan menggunakan penelitian ini sebagai acuan untuk mengembangkan penelitian yang berkaitan dengan persepsi atau konseling individual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PANDEMI COVID-19, LAYANAN KONSERLING, KONSELING INDIVIDUAL
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 25 Jan 2022 01:37
Last Modified: 25 Jan 2022 01:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36434

Actions (login required)

View Item View Item