Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Menulis Teks Resensi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Painan

Pratiwi, Wulanda (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Menulis Teks Resensi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Painan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_WULANDA_PRATIWI_4355_2021.pdf

Download (924kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan tiga tujuan penelitian. Ketiga tujuan tersebut adalah (1) Mendeskripsikan keterampilan menulis teks resensi siswa kelas XI SMA N egeri 1 Painan sebehnn menggunakan model pembelajaran inkuiri; (2) Mendeskripsikan keterampilan menulis teks resensi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Painan sesudah menggunakan model pembelajaran inkuiri; dan (3) mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan menulis teks resensi kelas XI SMA Negeri 1 Painan. Hal ini per1u dilakukan untuk memberikan gambaran dan arahan terhadap pelaksanaan pembelajaran, khususnya teks resensi, di SMA N egeri 1 Painan. Penelitian ll11 adalah penelitian kuantitatif dengan menggunaan metode deskriptif Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu ( quasi experiment) dangen desain One Group Pretest and Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N egeri 1 Painan yang terdaftar tahun pelajaran 2021/2022 sebanyak 183 siswa. Sampel penelitian ini 35 orang siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis teks resensi sebehnn dan sesudah menggunakan model pembelajaran inkuiri Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis teks resensi menggunakan model pembelajaran inkuiri. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menulis teks resensi sebehnn menggunakan model pembelajaran inkuiri siswa kelas XI SMA N egeri 1 Painan berada pada kualifikasi Hampir Cukup (HC) dengan rata-rata 51,52. Kedua, keterampilan menulis teks resensi sesudah menggunakan model pembelajaran inkuiri siswa kelas XI SMA N egeri 1 Painan berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan rata-rata 59,91. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis altematif (H1) diterima pada taraf signi:fikan 95% dan derajat kebebasan (dk) = n - 1 karena ttabe1<thitung, yaitu 3,01 <1,67. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis teks resensi sebelum menggunakan model pembelajaran inkuiri berada pada kualifikasi hampir cukup. Kedua, keterampilan menuis teks resensi setelah menggukan model pembelajaran inkuiri berada pada kualifikasi Cukup. Ketiga, penggunaan model pembelajaran inkuiri memberikan pegaruh yang sigifikan terhadap keterampilan menulis teks resensi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Painan. Dengn demikian, model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu model pembelajaran alternatif dalam pembelajaran keterampilan menulis teks resensi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 25 Jan 2022 01:37
Last Modified: 25 Jan 2022 01:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36433

Actions (login required)

View Item View Item