Struktur dan Fungsi Sosial Cerita Rakyat Legenda Sopan Didiah di Batu Bolang Jorong Kampuang Tangah Kanagarian Pagaruyung Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar

Humairoh, Zahri (2021) Struktur dan Fungsi Sosial Cerita Rakyat Legenda Sopan Didiah di Batu Bolang Jorong Kampuang Tangah Kanagarian Pagaruyung Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_Zahri_Humairoh_17017055_4308_2021.pdf

Download (705kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) struktur cerita rakyat Legenda Sopan Didian di Batu Bolang Jorong Kampuang Tangah Kanagarian Pagaruyung Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar; (2) Fungsi Sosial Cerita Rakyat Legenda Sopan Didiah di Batu Bolang Jorong Kampuang Tangah Kanagarian Pagaruyung Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Entri penelitian ini merupakan cerita rakyat legenda Sopan Didiah di Batu Bolang Jorong Kampuang Tangah Kanagarian Pagaruyung Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara yang direkam dan dicatat serta observasi langsung. Data yang dikumpulkan selanjutnya ditelaah melalui beberapa tahap: (1) tahap inventarisasi (pencatatan) data; (2) mengklasifikasi dan menganalisis data; (3) tahap penyimpulan hasil klasifikasi dan analisis data; dan (4) tahap pelaporan. Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan beberapa hal berikut. ( 1) Struktur cerita rakyat legenda Sopan Didiah di Batu Bolang Jorong Kampuang Tangah Kanagarian Pagaruyung Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar meliputi: (a) tokoh utama yang terdapat dalam cerita rakyat legenda Sopan Didian adalah anak padusi (perempuan) dan amak (ibu); tokoh sampingan yaitu orang kaya (b) alur legenda Sopan Didiah terbagi tiga tahap yaitu tahap awal, tengah, dan akhir; (c) latar meliputi tempat, waktu, dan sosial; (d) amanat berupa jangan tinggi hati dan sombong, bersikap sabar, jangan pemah menyakiti perasaan orang tua juga durhaka kepadanya. (2) Fungsi sosial yang terdapat dalam cerita rakyat legenda Sopan Didiah adalah sebagai sarana pendidikan, pewarisan tradisi lisan dan jati diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 25 Jan 2022 01:36
Last Modified: 25 Jan 2022 01:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36431

Actions (login required)

View Item View Item