Pengembangan Silek Tua dan Silek Bungo dalam Pertunjukan Silek Lunau di SMAN 1 2x11 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman

Rabiah, Sevany Farah (2021) Pengembangan Silek Tua dan Silek Bungo dalam Pertunjukan Silek Lunau di SMAN 1 2x11 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_SEVANY_FARAH_RABIAH_17023195_5007_2021.pdf

Download (637kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengembangan Silek Tua dan Silek Bungo pada Pertunjukan Silek Lunau di SMAN 1 2x 11 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Intrumen penelitian adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrument pendukung seperti alat tulis, handphone dan kamera. Jenis data menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi kepustakaan, observasi, wawancara,dan dokumentasi. Langkah-langkah untuk menganalisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Silek Lunau mengalami penggabungan dan pengembangan kualitas dalam segi gerak, musik, dan tempat pertunjukan. Dari segi gerak terdapat 8 macam gerak yaitu Gerak Balabek, Salam, Serang Bela, Sipak, Tangkok Lua, Tangkok Dalam, Serikil dan Guntiang Tangan, dimana pengembangannya dilihat pada ruang penari, waktu dan tenaga yang digunakan dalam setiap gerakan dan level yang digunakan pelaku silat selalu dengan level rendah untuk menjaga keseimbangan agar lebih kuat. Menggunakan musik sebagai iringan yaitu Tambua, Tansa, dan Talempong. Tempat pertunjukan ditampilkan di sawah yang sudah dibajak. Penggabungan dilihat dari segi Pelaku silat, kostum, dan properti. Pelaku silat dimainkan oleh 2 orang laki-laki saat pertunjukan sedangkan pelaku silat perempuan tidak diperbolehkan tampil kecuali jika ada tamu perempuan yang ingin belajar. Dari segi kostum dapat dilihat pada bagian kepala yang menggunakan deta (destar), dan menggunakan properti pedang sebagai pendukung pertunjukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 25 Jan 2022 01:36
Last Modified: 25 Jan 2022 01:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36430

Actions (login required)

View Item View Item