Pengembangan Materi Pelajaran Musik Tradisional(Musik Doll) dalam Pembelajaran Seni Budaya (Musik) di Kelas X SMA Negeri 1 Muko-Muko Propinsi Bengkulu

Erfanshah, Shandy (2021) Pengembangan Materi Pelajaran Musik Tradisional(Musik Doll) dalam Pembelajaran Seni Budaya (Musik) di Kelas X SMA Negeri 1 Muko-Muko Propinsi Bengkulu. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_SHANDY_EFANSYAH_14023129_5205_2021.pdf

Download (523kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengembangan materi pelajaran dengan topic Musik Doll. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskiptif analisis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi pustaka, dan studi dokumen Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa guru seni budaya kelas X SMA Negeri 1 Muko-muko telah melakukan pengembangan materi pelajaran sebagai salah satu komponen pembelajaran, sebagai kegiatan pembelajaran non PBM. Materi pelajaran yang dikembangkan guru sudah dilakukan sesuai dengan rencana pada prota dan silabus yang digunakan. Namun dalam kenyataannya, pada materi pelajaran musik doll yang dikembangkan secara mandiri oleh guru belum sampai pada pembahasan yang komprehensif, mencakup: fakta, konsep, prosedur, prinsip. Kemudian bahwa pengembangan materi belum mengacu pada kesesuaian, ketepatan, kesinambungan, dan keterpaduan. Kekurang-sesuaiannya berkaitan dengan kebutuhan siswa. Kekurang-tepatannya berkaitan dengan karakteristik tugas dan latihan siswa. Kekurang-berlanjutannya yaitu bahwa latihan-latihan belajar siswa kurang berstruktur. Kekurangpaduannya berkaitan dengan pengetahuan teoretik dan procedural yang kurang singkron.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 25 Jan 2022 01:36
Last Modified: 25 Jan 2022 01:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36428

Actions (login required)

View Item View Item