Hubungan Interaksi Sosial dengan Penyesuaian Diri Siswa terhadap Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19.

Hanum, Mita Afifah (2021) Hubungan Interaksi Sosial dengan Penyesuaian Diri Siswa terhadap Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_MITA AFIFAH_HANUM_16006144_2955_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Pandemi Covid-19 yang sedang dihadapi oleh berbagai negara termasuk Indonesia banyak memberikan berbagai dampak dari berbagai aspek, Hal tersebut terlihat dari pembelajaran yang semestinya dilakukan secara langsung dan sekarang hanya dapat dilakukan sesuai dengan ketentuan pendidikan. Pada masa pandemi Covid-19 ini seharusnya siswa berkemungkinan kecil untuk berinteraksi dengan lingkungan, Individu dituntut untuk mampu menyesuaikan diri dengan kehidupan yang baru dengan sistem yang berbeda dari sebelumnya. Ketidakmampuan siswa dalam menyesuaikan diri ini disebabkan oleh berbagai faktor yang memiliki pengaruh terhadap perilaku siswa salah satunya adalah interaksi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran Interaksi sosial, Penyesuaian diri siswa terhadap pembelajaran pada masa pandemi Covid-19, dan menguji hubungan interaksi sosial dengan penyesuaian diri siswa terhadap pembelajaran pada pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan korelasional. Populasi penelitian adalah siswa SMA Negeri 1 Padang yang berjumlah 354 orang siswa, dengan sampel sebanyak 188 orang siswa yang dipilih dengan teknik Proposional random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket interaksi sosial dan instrumen angket penyesuaian diri model skala likert. Untuk melihat hubungan kedua variabel menggunakan Pearson Correlation Product Moment. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa : (1) Interaksi sosial siswa berada pada kategori, Tinggi 92,0% dengan persentase (2) Penyesuaian diri siswa terhadap pembelajaran dimasa pandemi Covid-19 berada pada kategori Baik 65,4% (3) terdapat hubungan yang signifikan antara interaksi sosial dengan penyesuaian diri siswa terhadap pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 dengan rxy = 0,567.dengan signifikansi 0,000.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: INTERAKSI SOSIAL, PEMBELAJARAN, PANDEMI COVID-19
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 25 Jan 2022 01:35
Last Modified: 25 Jan 2022 01:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36422

Actions (login required)

View Item View Item