Perkembangan Teknologi Penangkapan Ikan dan Dampaknya terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Mayarakat Nelayan Muara Kandis Kecamatan Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2011-2021

Fitri, Widya (2021) Perkembangan Teknologi Penangkapan Ikan dan Dampaknya terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Mayarakat Nelayan Muara Kandis Kecamatan Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2011-2021. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img] Text
A_02_WIDYA_FITRI_17046193_4443_2021.docx

Download (14kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas nelayan, munculnya modernisasi dan perkembangan alat tangkap serta bagaimana dampaknya terhadap masyarakat nelayan baik dalam bidang sosial, ekonomi maupun pendidikan bagi masyarakat nelayan di Muara Kandis. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah perkembangan teknologi penangkapa serta bagaimanakah dampak perkembangan teknologi penangkapan ikan terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat nelayan Muara Kandis Kecamatan Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan tahun 2011-2021?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah yang terdiri atas 4 tahapan. Pertama, Heuristic merupakan tahap pengumpulan data berupa data primer dan data sekunder. Kedua, kritik sumber merupakan tahap pengolahan data atau informasi melalui kritik internal dan eksternal. Ketiga, interpretasi atau analisis data yang dilakukan dengan cara merangkum semua data sehingga diperoleh gambaran berdasarkan rumusan masalah dalam penelitian ini. Keempat, historiografi atau penulisan sejarah merupakan tahap penulisan laporan penelitian kedalam bentuk tulisan ilmiah berupa skripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat yang ada di Nagari Muara Kandis banyak menggantungkan hidupnya bekerja sebagai nelayan hal ini disebabkan karena wilayahnya yang berada di tepi pantai. Perkembangan teknologi penangkapan ikan mulai dirasakan masyarakat nelayan pada awal tahun 2011 yakni dengan masuknya motornisasi perahu yang dikenal dengan mesin tempel. Dengan adanya perkembangan teknologi ini tentunya memberikan dampak terhadap kehidupan sosial ekonomi nelayan, seperti pendapatan ekonomi yang meningkat, hubungan sosial yang terjalin dengan baik antarsesama nelayan maupun dengan masyarakat sekitar serta dampak dalam bidang pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: SOSIAL EKONOMI MAYARAKAT NELAYAN
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 25 Jan 2022 01:34
Last Modified: 25 Jan 2022 01:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36415

Actions (login required)

View Item View Item