Pengembangan Model Bimbingan Klasikal pada Snowballl Thrawing dalam Peningkatan Pemahaman Karakter SMART dalam Mencegah Bullying di SD

Tas’adi, Rafsel (2021) Pengembangan Model Bimbingan Klasikal pada Snowballl Thrawing dalam Peningkatan Pemahaman Karakter SMART dalam Mencegah Bullying di SD. Doctoral thesis, Program Doktor Pasca Sarjana Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_RAFSEL_TAS'ADI_14169054_5235_2021.pdf

Download (148kB) | Preview

Abstract

Latarbelakang penelitian adalah munculnya bullying di SD. Peran guru kelas sebagai pelaksana bimbingan belum terlaksana dengan baik. Belum adanya program yang jelas untuk mencegah bullying yang jika dibiarkan berdampak buruk pada perkembangan murid. Dari permasalahan di atas perlu memecahkannya melalui penelitian pengembangan yaitu MBk-ST prosedur ADDIE (Analysis, Disain, Development, Implementation Evaluation). Subjek penelitian siswa kelas VI SD. Data penelitian menggunakan kuesioner, pedoman wawancara, tes, dan lembar validasi untuk setiap perangkat model. Instrumen penelitian divalidasi oleh pakar/ahli. Data yang dikumpulkan diolah, dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Uji efektivitas MBk-ST menggunakan analisis statistik dengan uji anava dua arah berbantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan MBk-ST efektif dimana perbedaan antara skor pre-tes dengan post�test sangat signifikan (p < 0,05). MBk-ST yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan pemahaman karakter SMART di SD. Hasil uji lapangan perangkat MBk-ST yang dikembangkan sangat praktis digunakan dalam pemberian bimbingan klasikal untuk meningkatkan pemahaman murid SD. Kepraktisan perangkat MBk-ST; (1) tahapan bimbingan klasikal mudah dilaksanakan, (2) buku Latihan sangat membantu murid memahami karakter SMART, (3) buku panduan guru mudah dipahami (4) buku materi mudah dipahami dan dilaksanakan. Hal tersebut diperkuat oleh dampak yang dihasilkan dari MBk-ST dimana terjadi peningkatan perilaku murid dalam berinteraksi, bekerjasama dan berdiskusi dalam kelompok, saling menghargai, melatih emosi dan meningkatkan kepercayaan diri serta sikap toleransi antar sesama siswa

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pasca Sarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 25 Jan 2022 01:34
Last Modified: 25 Jan 2022 01:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36414

Actions (login required)

View Item View Item