Pengaruh Interaksi Multifaktor terhadap Motivasi Balajar Mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) pada Perguruan Tinggi di Kota Padang

M. Nursi., M. Nursi. (2021) Pengaruh Interaksi Multifaktor terhadap Motivasi Balajar Mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) pada Perguruan Tinggi di Kota Padang. Doctoral thesis, Program Doktor Pasca Sarjana Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_M_NURSI_19452_2981_2021.pdf

Download (47kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa gejala kecenderungan melemahnya semangat belajar mahasiswa umumnya dan mahasiswa Program Studi PPKn khususnya yang bakal menjadi guru PKn nantinya, sementara tantangan berbagai gejala dekadensi etik dan moral di kalangan pelajar yang harus mereka hadapi nantinya semakin berat. Untuk itu menarik dan penting meneliti kondisi hulunya, yaitu tentang multifaktor yang mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa PPKn baik secara langsung maupun tidak langsung. Itulah yang menjadi tujuan penelitian ini, yaitu dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey cross sectional. Untuk itu, dari populasi 499 orang, ditetapkan sampel 217 orang (43,5) dengan teknik Proportional Stratified Random Sampling (PSRS). Pengumpulan data digunakan angket yang sebelumnya telah dilakukan uji instrument, sedangkan analisis data digunakananalisis jalur dengan statistik regresi dan ANOVA melalui IBM SPSS 20.Dari analisis data diperoleh kesimpulan: 1) Terdapat pengaruh positif secara parsial maupun kolektif/simultan, dan secara langsung maupun tidak langsung dari keempat variabel independen yaitu Harapan Masa Depan (X1), KompetensiDosen (X2), Kondisi Diri Mahasiswa (X3), dan Lingkungan Mahasiswa (X4)–termasuk variabel antara Konsep Diri Mahasiswa (Y) terhadap motivasi belajar mahasiswa (Z). 2) Pengaruh yang relatif terbesar ada pada Konsep Diri (Y; variabel antara) yaitu 11%. (3) Secara parsial maupun simultan, pengaruh langsung lebih besar dari pada pengaruh tidak langsung, namun kesemua dimensi atau kategori pengaruh tersebut tetap menunjukkan relatif rendahnya koefisien pengaruh masing-masing variabel terhadap motivasi belajar mahasiswa, sebagaimana pada pengaruh langsung, yaitu X1= 4,96%, X2= 4,30%, X3= 7,02%, X4= 4,77%, dan Y= 11%, dengan total (secara kolektif) adalah 24,3%. Sejumlah 75,7% dipengaruhi oleh variabel lain. Oleh karena itu, yang relatif lebih diperhatikan untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa –selain variabel harapan masa depan, kompetensi dosen, kondisi diri dan lingkungan mahasiswa– adalah konsep diri mahasiswa.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Pasca Sarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 24 Jan 2022 03:39
Last Modified: 24 Jan 2022 03:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36410

Actions (login required)

View Item View Item