Upaya Orang Tua Dalam Mengembangkan Bakat Anak Down Sindrom di Bidang Renang Tingkat Nasional di Yayasan Karya Inspirasi Mandiri Padang

Fani, Nurti (2021) Upaya Orang Tua Dalam Mengembangkan Bakat Anak Down Sindrom di Bidang Renang Tingkat Nasional di Yayasan Karya Inspirasi Mandiri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
2_A_NURTI_FANI_16003166_930_2021.pdf

Download (324kB) | Preview

Abstract

dengan keterbatasan dan kelainan genetik yang menyebabkan keterlambatan perkembangan fisik dan mental, akan tetapi berprestasi dalam bidang renang tingkat nasional. Dengan keterbatasan yang dimiliki anak hal ini mampu membuat orang tua tidak berhenti untuk terus menyokong anak sehingga menjadi berprestasi sampai saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana upaya orang tua dan pelatih renang dalam mengembangkan bakat yang dimiliki oleh anak sejak awal sampai berprestasi di bidang renang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah orang tua yaitu Ibu Tuti dan Bapak Anton, dan bapak Weno yang merupakan pelatih renang. Teknik pengumpulan data yang dipakai berupa observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa upaya orang tua dalam mengembangkan bakat anak yaitu dengan Orang tua selalu menyokong anak dengan mengikutsertakan anak latihan renang bersama dengan anak-anak lainnya, memberikan fasilitas-fasilitas sehingga membantu anak dalam mengembangkan bakatnya, mengapresiasi anak dan selalu mendampingi semua kegiatan yang anak lakukan. Kendala yang dihadapi orang tua dalam mengembangkan bakat anak yaitu sulit untuk menempatkan diri baik itu disekolah, dirumah dan ditempat latihan, ini terjadi ketika anak mengalami mood yang buruk, dan berdampak pada sekolah, latihan renang anak dan juga perilaku anak. orang tua bisa menghadapi kendala ini dengan cara memberikan semangat kepada anak, dan memberikan janji-janji yang menjadi pemicu agar mood anak kembali membaik. akan tetapi kendala ini selalu mendapatkan solusi untuk mengatasi kendala tersebut. Selama ini usaha yang dilakukan orang tua dalam mengembangkan bakat anak yaitu dengan membutuhkan kesabaran yang ekstra.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 25 Jan 2022 01:34
Last Modified: 25 Jan 2022 01:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36409

Actions (login required)

View Item View Item