Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Produksi pada Mata Kuliah Multimedia di Perguruan Tinggi

Jeprimansyah, Jeprimansyah (2021) Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Produksi pada Mata Kuliah Multimedia di Perguruan Tinggi. Doctoral thesis, Program Doktor Pasca Sarjana Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_JEPRIMANSYAH_15193015_1731_2021.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat, berbagai perubahan dalam masyarakat yang semakin terbuka dan memiliki kompetensi yang tinggi, menuntut adanya peningkatan kualitas pendidikan. Kenyataan ini memerlukan kesiapan SDM yang mampu berkompetensi dalam masyarakat global. Pengembangan program pendidikan dengan standar mutu bertaraf global menjadi suatu kebutuhan yang tidak bisa terelakkan, inovasi dalam pembelajaran yang relevan sangat dibutuhkan agar lulusan dapat berpartisipasi dalam pertubuhan ekonomi bangsa serta memiliki kemampuan dalam mempertahankan hidup dimasa depan melalui unsur pembelajaran kewirausahaan disetiap praktek yang dilakukan mahasiswa. Model pembelajaran saati ini belum sepenuhnya mampu untuk menghadapi tantangan ini salah satu model pembelajaran yang ada saat ini adalah model pembelajaran berbasis produk namun dibutuhkan pembaharuan pada susunan sintaks menyesuaikan kebutuhan kegiatan wirausaha. Pembuatan rancangan business plan seharusnya dilakukan lebih awal sebelum melaksanakan proses produksi dan tahapan evaluasi dilakukan pada akhir proses pembelajaranPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pengembangan model pembelajaran berbasis produksi yang memiliki validitas, praktikalitas dan efektivitas serta menghasilkan sistem pendukung model pembelajaran berbasis produksi yang memiliki validitas, praktikalitas dan efektivitas. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan prosedur pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation), dalam penelitian ini digunakan dua kelas yaitu kelas control dan kelas eksperimen, instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner untuk menguji uji validitas dan praktikalitas, sedangakan untuk uji efektifitas digunakan hasil belajar mahasiswa sampel yang digunakan sebanyak dua puluh mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan model pembelajaran berbasis produksi adalah valid, praktis dan efektif. Hasil belajar mahasiswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis produksi lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran berbasis produksi berpotensi dalam meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Model Pembelajaran, Berbasis Produksi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S3
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 24 Jan 2022 03:39
Last Modified: 24 Jan 2022 03:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36407

Actions (login required)

View Item View Item