Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Puding Ubi Ungu Melalui Media Flipbook Berbasis Praktek Langsung Pada Anak Tunarungu

Harahap, Nur Hayati (2021) Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Puding Ubi Ungu Melalui Media Flipbook Berbasis Praktek Langsung Pada Anak Tunarungu. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
2_A_NUR_HAYATI_HARAHAP_16003164_543_2021.pdf

Download (289kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang peneliti laksanakan di latarbelakangi oleh adanya permasalahan yang ditemukan di lapangan yaitu keterampilan vokasional membuat puding ubi ungu belum pernah di ajarkan oleh guru di sekolah. Tujuan dari diberikan keterampilan vokasional membuat puding ubi ungu yaitu agar anaak dapat mengembangkan kemampuan yang dimiliki setelah tamat sekolah. Dalam penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimental design dengan menggunakan one group pretest-postest. Penelitian ini terdiri dalam beberapa tahap yaitu yang pertama adalah tahap pretest untuk mengetahui kemampuan awal anak dalam membuat puding ubi ungu. Tahap kedua adalah tahap treatment yaitu pemberian perlakuan kepeda anak dalam membuat puding ubi ungu dengan menggunakan media flipbook berbasis praktek langsung. Tahap yang terakhir adalah postest yaitu melihat sejauh mana pengaruh dari perlakuan yang diberikan. Hasil dari pretest dan postest akan diolah dan dibandingkan dengan menggunakan uji Wilcoxon dengan prosgam spss 23 untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil dari proses pelaksanaan membuat puding ubi ungu pada kelima anak setelah diolah dan dibandingakan dengan menggunakan uji Wilcoxon dengan program spss 23 nilai yang dihasilkan yaitu 2.032 dan Asymp. Sig. (2-tailed) atau hasil dari probabilitas yaitu 0.042. Maka hasil dari probabilitas yang telah di dapat lebih kecil dari probabilitas yang telah ditetapkan 0.042<0.05 dapat disimpulkan Ho di tolak dan Ha diterima sehingga media flipbook berbasis praktek langsung efektif dalam meningkatkan keterampilan vokasional membuat puding ubi ungu pada anak tunarungu di SLBN Padang Sidempuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 24 Jan 2022 03:39
Last Modified: 24 Jan 2022 03:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36405

Actions (login required)

View Item View Item