Pelaksanaan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas VII dengan Beragam Jenis Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Al-Azhar Bukittinggi (Deskriptif Kualitatif)

Sari, Maizeni Indah (2022) Pelaksanaan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas VII dengan Beragam Jenis Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Al-Azhar Bukittinggi (Deskriptif Kualitatif). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_MAIZENI_INDAH_SARI_15003161_1172_2022.pdf

Download (163kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengamati pelaksanaan pembelajaran IPA dikelas VII dengan beragam jenis kebutuhan khusus yang mana dikelas terdapat anak tunanetra, tunagrahita, dan tunarungu. Dimana biasanya disekolah luar biasa pada umumnya, anak-anak ditempatkan dalam satu kelas yang mana mempunyai kebutuhan khusus yang sama, agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan teratur sehingga guru dapat melaksanakan metode serta dapat menggunakan media dengan baik dan benar yang sesuai dengan kebutuhan khusus anak dan anak-anak pun dapat belajar dengan kondusif serta fokus dalam pembelajarannya karena didukung dengan metode dan media yang sesuai dengan kebutuhan khususnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian kualitatif adalah suatu penelitian yang bermaksud memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian, misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dan lain-lain secara holistik dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa pada suatu konteks khusus yang alamiah serta memanfaatkan berbagai metode alamiah. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan beberapa hal terkait dengan pelaksanaan pembelajaran IPA kelas VII dengan beragam jenis anak berkebutuhan khusus. Pertama yaitu terkait dengan pelaksanaan kegiatan awal yang terbagi dalam pengelolaan kelas, apersepsi dan juga penyampaian tujuan pembelajaran. Pengelolaan kelas dilakukan guru dengan mengkondisikan siswa sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan yang dimilikinya. Sedangkan penyampaian apersepsi dan juga penyampaian tujuan pembelajaran dilakukan dengan menulis langsung di papan tulis dan juga menyampaikannya secara lisan serta tanya jawab dengan siswa mengenai tujuan pembelajaran pada hari itu. Selanjutnya, pelaksanaan kegiatan inti dalam pembelajaran IPA di kelas VII ini yaitu meliputi materi, metode, media dan strategi pembelajaran. Berdasarkan yang sudah dijelaskan pada bab sebelumnya guru kelas VII di dalam pelaksanaan pembelajaran IPA ini, penyajian materi yang diberikan oleh guru Y sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh setiap anak serta juga mengkaitkannya dengan mata pelajaran lainnya. Penggunaan metode dan strategi pembelajaran yang bervariasi membuat partisipasi dan minat belajar siswa tumbuh dan berkembang.Sedangkan dalam kegiatan akhir dalam pembelajaran IPA di kelas VII ini yaitu dalam penilaian atau evaluasinya. Penilaian dalam proses pembelajaran sangat diutamakan oleh guru Y. Nilai diambil lebih banyak pada saat proses pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN, ILMU PENGETAHUAN ALAM, ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 16 Jun 2022 07:36
Last Modified: 16 Jun 2022 07:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36403

Actions (login required)

View Item View Item