Pengaruh Metode Yanbu’a terhadap Keberhasilan Baca Tulis Al-Qur’an oleh Peserta Didik pada Kegiatan Ekstrakurikuler di SMP Negeri 31 Kota Padang.

Fitri, Wira Kurnia (2021) Pengaruh Metode Yanbu’a terhadap Keberhasilan Baca Tulis Al-Qur’an oleh Peserta Didik pada Kegiatan Ekstrakurikuler di SMP Negeri 31 Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_WIRA_KURNIA_FITRI_17005050_5260_2021.pdf

Download (182kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan baca tulis Alqur’an peserta didik SMPN 31 Kota Padang. Rendahnya kemampuan baca tulis Al-qur’an peserta didik diduga metode yang digunakan kurang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk, mengetahui, (1) Kemampuan baca tulis Al-qur’an, (2) penerapan metode pembelajaran yanbu’a, (3) Pengaruh metode yanbu’a terhadap keberhasilan baca tulis Al-qur’an oleh peserta didik pada kegiatan ekstrakulikuler di SMPN 31 Kota Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen semu (quasi exsperiment) dengan rancangan one group pretest – posttest design. Populasi dan sampel penelitian ini yaitu seluruh peserta didik sebanyak 24 orang, sedangkan untuk uji coba intrumen 6 orang peserta didik, dan yang dibawa untuk penelitian sebanyak 18 orang peserta didik yang mengikuti ekstrakulikuler baca tulis Al-qur’an. Sedangkan analisa data menggunakan uji paired sampel t-test. Hasil pengumpulan dan pengelolahan data yang dilakukan maka dapat disimpulkan, (1) Kemampuan baca tulis Al-qur’an peserta didik sebelum diberikan tindakan (pretest) dikategorikan rendah, nilai pretest rata-rata sampel berada pada bagian cukup mengetahui hukum bacaan Al-Qur’an, cukup dalam artian membaca Al-Qur’an dengan tajwid, makhorijul huruf, serta tartil dalam AlQur’an masih rata-rata berada pada rating scale dua. (2) Penerapan metode pembelajaran yanbu’a peserta didik hasil penelitian bahwa tingkat kemampuan baca tulis Al-qur’an pada peserta didik setelah diberikan tindakan posttest ialah mereka masih berada dikategori baik 17 orang anak didik, dan kategori sangat baik 1 orang anak didik, (3) Adanya pengaruh yang signifikan terhadap baca tulis peserta didik setelah diberikan tindakan (posttest) melalui penggunaan metode pembelajaran Yanbu’a karena uji paired sampel t-test sig 0,000 < 0,05. Selain itu, saran yang peneliti ajukan ialah sebaiknya pada proses pembelajaran ekstrakulikuler baca tulis Al-qur’an menggunakan media pembelajaran yang tepat sesuai dengan kebutuhan peserta didik, dengan penerapan metode yanbu’a hendaknya menjadi salah satu media pembelajaran yang menarik, serta menyenangkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MEMBACA, METODE PEMBELAJARAN, EKSTRAKULIKULER
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 24 Jan 2022 02:51
Last Modified: 24 Jan 2022 02:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36402

Actions (login required)

View Item View Item