Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) di Kelas V SD N 01 Koto Marapak Kota Pariaman

Juliani, Nilam Edni (2020) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) di Kelas V SD N 01 Koto Marapak Kota Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_A_NILAM_EDNI_JULIANI_16129366_296_2021.pdf

Download (294kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pada RPP yang digunakan guru hanya RPP yang ada di buku guru dan tidak dikembangkan sesuai dengan situasi, kondisi, dan karakteristik siswa, proses pembelajaran tematik terpadu kurang efektif dimana pembelajaran tidak berpusat kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) di Kelas V SD N 01 Koto Marapak Kota Pariaman. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 4 tahap yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa dengan jumlah 16 orang. Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Teknik yang digunakan adalah Dokumen Analisis dan Observasi rencana pelaksanaan pembelajaran dan observasi pelaksanaan proses pembelajaran tematik terpadu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil pengamatan RPP siklus I adalah 86,11% (B) meningkat pada siklus II menjadi menjadi 94% (SB), ini juga terlihat pada rata-rata hasil pelaksanaan pembelajaran aspek guru siklus I adalah 87,5% (B) dan rata-rata pada pelaksanaan pembelajaran aspek siswa adalah 81,25% (B). Meningkat pada siklus II yaitu pada aspek guru memperoleh persentase 96,87% (SB) dan aspek siswa memperoleh persentase 93,75% (SB).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 24 Jan 2022 02:49
Last Modified: 24 Jan 2022 02:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36388

Actions (login required)

View Item View Item