Model Pembelajaran Flipped Classrom Berbasis Web untuk Pendidikan Tinggi

Effendi, Hastria (2021) Model Pembelajaran Flipped Classrom Berbasis Web untuk Pendidikan Tinggi. Doctoral thesis, Program Doktor Pasca Sarjana Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_HASTRIA_EFFENDI_16169043_288_2021.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian dan pengembangan (R&D) ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah model pembelajaran yang valid, efektif dan praktis untuk memberikan layanan pendidikan tinggi terutama kepada kelompok orang yang, karena berbagai alasan, tidak dapat menghadiri pendidikan tatap muka atau pendidikan reguler, memperluas akses, dan pemerataan layanan pendidikan tinggi. Keberhasilan model ini diharapkan secara signifikan dapat meningkatkan angka partisipasi kasar (APK) pendidikan tinggi. Metode yang digunakan adalah memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan memberi peserta didik tanggung jawab untuk belajar dalam mencapai tujuan pembelajaran yang tidak memerlukan bantuan, misalnya, tujuan pembelajaran yang terkait dengan keterampilan berpikir tingkat rendah.Penelitian ini menggunakan konsep flipped classroom dalam mengembangkan model pembelajaran yang disebut Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Web (MPFCBW). Di kelas normal pada umumnya, kegiatan belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran keterampilan berpikir tingkat rendah (LOTS) dilakukan di kelas sementara untuk keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) diperoleh di rumah dalam bentuk pekerjaan rumah. MPFCBW mengelompokan tujuan pembelajaran menjadi tiga kelompok yaitu LOTS, keterampilan berpikir tingkat menengah (MOTS) dan HOTS. MPFCBW, dalam menerapkan konsep kelas terbalik, menyelenggarakan kegiatan pembelajaran sebagai berikut: LOTS dilakukan oleh peserta didik secara online sebelum kegiatan pembelajaran di kelas; MOTS dilakukan melalui presentasi dan diskusi di kelas; sedangkan HOTS dilakukan di rumah setelah belajar di kelas dalam bentuk makalah pendek. MPFCBW dijalankan dengan perangkat pembelajaran berikut: model pembelajaran, rencana pembelajaran semester (RPS), materi pembelajaran cetak dalam bentuk buku, program pengajaran berbasis web, buku pedoman dosen, dan buku pedoman peserta didik.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa MPFCBW valid, praktis dan sama efektifnya dengan model pembelajaran klasikal yang ada sekarang. Keuntungan lain dari MPFCBW adalah ia dapat melayani lebih banyak peserta didik daripada model pengajaran klasikal. Dapat disimpulkan bahwa WPFCBW dapat digunakan sebagai model pembelajaran alternatif baik sebagai pengganti maupun sebagai suplemen untuk model pembelajaran yang ada di perguruan tinggi sekarang

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Blended Learning, Flipped Classroom, Model Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Web
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Pasca Sarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 24 Jan 2022 02:48
Last Modified: 24 Jan 2022 02:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36384

Actions (login required)

View Item View Item