Penerapan Pembelajaran Orang Dewasa oleh Instruktur Kursus Komputer di Lembaga Kursus Pelatihan (LKP) Kurnia Komputer Pesisir Selatan.

Putri, Reska Ilda Misa (2021) Penerapan Pembelajaran Orang Dewasa oleh Instruktur Kursus Komputer di Lembaga Kursus Pelatihan (LKP) Kurnia Komputer Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_RESKA_ILDA_MISA_PUTRI_17005180_3657_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan kenyataan di lapangan yang menunjukkan pembelajaran orang dewasa yang harus mengutamakan karakteristik asumsi pembelajaran orang dewasa adalah program yang dilaksanakan oleh instruktur kursus komputer di lembaga kursus pelatihan (LKP) kurnia komputer. Dalam pelaksanaan kursus, biasanya pembelajaran ditujukan kepada orang dewasa di Lembaga Kursus Pelatihan (LKP) Kurnia Komputer dikategorikan cukup diterapkan. Hal ini dilihat dari pembelajaran yang diberikan oleh instruktur kepada orang dewasa dengan baik serta sarana dan prasarananya yang mendukung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) gambaran penerapan asumsi pengalaman pembelajaran orang dewasa dalam pelaksanaan kursus komputer oleh instruktur (2) gambaran penerapan asumsi konsep diri orang dewasa dalam pelaksanaan kursus komputer (3) gambaran penerapan asumsi kesiapan belajar orang dewasa dalam pelaksanaa kursus komputer oleh instruktur. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang di laksanakan di Lembaga Kursus Pelatihan (LKP) Kurnia Komputer Pesisir Selatan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian adalah peserta kursus komputer lembaga kursus pelatihan (LKP) Kurnia yang berjumlah 15 orang. Sampel berjumlah 15 orang dengan menggunakan teknik sampling jenuh untuk pengambilan sampel dengan artian sampel diambil keseluruhan yaitu 100%. Teknik dalam pengumpulan data dengan menggunakan pernyataan tertulis (angket) dan alat pengumpulan data berupa daftar pernyataan. Teknik analisis data menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Gambaran penerapan asumsi pembelajaran orang dewasa oleh instruktur kursus komputer di lembaga kursus dan pelatihan (LKP) kurnia komputer Pesisir Selatan dilihat dari sub variabel pengalaman dikategorikan cukup diterapkan. (2) Gambaran penerapan asumsi pembelajaran orang dewasa oleh instruktur kursus komputer di lembaga kursus dan pelatihan (LKP) kurnia komputer Pesisir Selatan dilihat dari sub variabel konsep diri dikategorikan cukup diterapkan. (3) Gambaran penerapan asumsi pembelajaran orang dewasa oleh instruktur kursus komputer di lembaga kursus dan pelatihan (LKP) kurnia komputer Pesisir Selatan dilihat dari sub variabel kesiapan belajar dikategorikan cukup diterapkan. Disarankan kepada peneliti lain agar mengembangkan penelitian ini dengan variabel berbeda sehingga dapat memperdalam kajian mengenai asumsi pembelajaran orang dewasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN, KURSUS KOMPUTER, ORANG DEWASA
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 24 Jan 2022 02:48
Last Modified: 24 Jan 2022 02:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36381

Actions (login required)

View Item View Item