Pengembangan E-Module Berbasis Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Aplikasi Sigil Pada Mata Kuliah Ekologi Dan Lingkungan Untuk Mahasiswa

Fradila, Elmayana (2021) Pengembangan E-Module Berbasis Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Aplikasi Sigil Pada Mata Kuliah Ekologi Dan Lingkungan Untuk Mahasiswa. Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_ELMAYANA_ FRADILA_19177008_4638_2021.pdf

Download (176kB) | Preview

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini memberi pengaruh terhadap dunia pendidikan. Kemajuan teknologi dan informasi mendukung pembelajaran menjadi lebih baik dan menarik terutama dalam pembelajaran secara daring (dalam jaringan). Pembelajaran pada saat ini dilakukan secara daring. Adapun permasalahan saat pembelajaran daring berdasarkan observasi yaitu belum efektifnya pembelajaran daring dalam mata kuliah Ekologi dan Lingkungan, kurangnya motivasi mahasiswa dalam proses pembelajaran, mahasiswa kurang antusias dan fokus saat proses pembelajaran dalam pembelajaran daring, mahasiswa sulit dalam menemukan referensi karena mereka kurang mampu berbahasa Inggris, bahan belajar elektronik berupa e-modul belum tersedia. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan e-modul berbasis Problem Based Learning (PBL) menggunakan aplikasi Sigil pada Mata Kuliah Ekologi dan Lingkungan untuk Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Negeri Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian desain dan pengembangan (Design And Development). Model pengembangan ini menggunakan four-D-models. Model pengembangan 4-D terdiri dari 4 tahap yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul berbasis Problem Based Learning (PBL) menggunakan aplikasi Sigil sangat valid dengan nilai 84,27% berdasarkan validasi yang dilakukan validator. Hasil penilaian praktikalitas oleh dosen menunjukkan nilai 84,40% dengan kriteria sangat praktis dan hasil penilaian praktikalitas oleh mahasiswa memperoleh nilai 75,93% dengan kriteria praktis. Hasil uji efektivitas menunjukkan adanya pengaruh pada kompetensi belajar ranah kognitif, afektif, dan psikomotor mahasiswa, sehingga e-modul berbasis Problem Based Learning(PBL) menggunakan aplikasi Sigil sangat efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Sigil, Problem Based Learning (PBL), E-Modul, Ekologi dan Lingkungan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 24 Jan 2022 02:48
Last Modified: 24 Jan 2022 02:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36379

Actions (login required)

View Item View Item