Pengembangan Model Pembelajaran Project Based Technopreneurship pada Pendidikan Vokasi

Elfizon, Elfizon (2021) Pengembangan Model Pembelajaran Project Based Technopreneurship pada Pendidikan Vokasi. Doctoral thesis, Program Doktor Pasca Sarjana Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_ELFIZON_16193022_2881_2021.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan model pembelajaran inovatif yang merupakan suatu keharusan dalam menyonsong persaingan global. Oleh karena itu dilakukan suatu penelitian pengembangan model pembelajaran project based technopreneurship pada pendidikan vokasi untuk menumbuhkan sikap, minat,perilaku wirausaha dan prestasi belajar mahasiswa dalam perkuliahan. Penelitian dilakukan pada mata kuliah praktikum instalasi listrik industri dengan subjek penelitian mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Industri FT UNP. Metode penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian dan pengembangan (research and development). Pengembangan model pembelajaran dalam penelitian ini dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah yang dilakukan dengan menggunakan desain penelitian dan pengembangan yang dikemukakan oleh Borg dan Gall (2007) dipilih karena dianggap sesuai situasi dan kondisi pembelajaran yang membutuhkan evaluasi secara terus menerus dalam mengembangkan sebuah model pembelajaran. Pada dasarnya desaian pengembangan ini memiliki 10 tahapan penelitian dan pengembangan, namun untuk kebutuhan penelitian ini hanya dilakukan langkah 1 sampai langkah 7 sesuai dengan kebutuhan penelitian disertasi ini. Hasil penelitian telah menghasilkan model pembelajaran Project Based Technopreneurship (PB-TECHNO) yang valid, praktis dan efektif pada pendidikan vokasi yang di terapkan pada mata kuliah praktek instalasi listrik industri di Program Studi Teknik Elektro Industri FT UNP. Penerapan model pembelajaran project based tecnopreneurship diperoleh hasil belajar mahasiswa baik dari ranah kognitif, afektif dan psikomotor menunjukkan lebih baik dari pada mahasiswa yang diajar dengan konvensional. Sehingga dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran project based tecnopreneurship pada pendidikan vokasi dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa dalam perkuliahan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Project, Technopreneurship, Pendidikan Vokasi.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S3
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 24 Jan 2022 02:48
Last Modified: 24 Jan 2022 02:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36377

Actions (login required)

View Item View Item