Pengembangan Perangkat Pembelajaran dan Instrumen Penilaian Bermuatan Nilai Budaya Minangkabau Pada Mata Pelajaran Ekonomi SMA

Susanti, Dessi (2021) Pengembangan Perangkat Pembelajaran dan Instrumen Penilaian Bermuatan Nilai Budaya Minangkabau Pada Mata Pelajaran Ekonomi SMA. Doctoral thesis, Program Doktor Pasca Sarjana Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_DESSI_SUSANTI_16169008_2539_2021.pdf

Download (132kB) | Preview

Abstract

Peran nilai budaya dalam pembelajaran paling sering dikaitkan dengan sikap/karakter dalam rangka meningkatkan hasil belajar aspek kognitif, yang berarti peran nilai budaya diukur melalui peningkatan kemampuan siswa dalam aspek sikap/karakter yang bermuara pada peningkatan hasil belajar aspek kognitif. Peimplementasian perangkat pembelajaran bermutan nilai budaya minangkabau pada aspek sikap/karakter dalam pembelajaran ekonomi SMA belum dilaksanakan oleh guru, sehingga sikap/karakter dan hasil belajar siswa belum terstimulasi secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran bermuatan nilai budaya untuk menstimulasi peningkatan aspek sikap/karakter siswa yang bermuara pada peningkatan hasil belajar aspek kognitif pada pembelajaran ekonomi SMA. Pengembangan perangkat pembelajaran bermuatan nilai budaya minangkabau untuk pembelajaran ekonomi menggunakan model ADDIE ( analyze, design, develop, implement dan evaluate ). Instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi, angket dan lembar soal. Produk divalidasi oleh pakar dan diujicobakan pada siswa kelas XI SMA Kota Padang yang telah menerapkan kurikulum 2013 tahun ajaran 2019/2020. Data kuantitatif diperoleh melalui angket dan lembar tes. Data kualitatif diperoleh melalui observasi, tanggapan dan saran perbaikan yang diberikan secara tertulis. Praktikalitas perangkat pembelajaran ditentukan berdasarkan keterpakaian perangkat pembelajaran, respon guru dan respon siswa. Sedangkan efektivitas perangkat pembelajaran ditentukan dari sikap/karakter dan psikomotor (aktivitas siswa) dan aspek kognitif siswa. Data keterpakaian perangkat pembelajaran dan efektifitas perangkat pembelajaran diperoleh melalui penelitian eksperimen dengan rancangan randomized control – group pretes-posttes design. Uji coba terbatas dilakukan di SMA 8 Padang. Uji coba diperluas dilakukan di SMA 7 dan SMA 13 padang. Data peningkatan kognitif dianalisis dengan uji t test menggunakan bantuan SPSS. Dari hasil penelitian diperoleh suatu perangkat pembelajaran bermuatan nilai budaya minangkabau untuk pembelajaran ekonomi. Temuan penelitian menunjukan bahwa perangkat pembelajaran ini dapat meningkatkan sikap/karakter siswa yang bermuaran pada peningkatan hasil belajar siswa aspek kognitif dan psikomotor pada pembelajaran ekonomi di SMA. Oleh karena itu berdasarkan temuan ini direkomendasikan kepada guru-guru dan calon guru untuk dapat menggunakan perangkat pembelajaran bermuatan nilai budaya minangkabau dalam pembelajaran Ekonomi di SMA.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pasca Sarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 21 Jan 2022 07:16
Last Modified: 21 Jan 2022 07:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36372

Actions (login required)

View Item View Item