Hubungan Antara Strategi Pembelajaran Tutor dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Pendidikan Kesetaraan Paket B di PKBM Suka Maju Sejahtera Kota Padang.

Husna, Hayatul (2021) Hubungan Antara Strategi Pembelajaran Tutor dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Pendidikan Kesetaraan Paket B di PKBM Suka Maju Sejahtera Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_HAYATUL_HUSNA_17005020_3704_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar mata pelajaran IPS pendidikan kesetaraan paket B di PKBM Suka Maju Sejahtera Kota Padang, yang diduga strategi pembelajaran tutor kurang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) melihat gambaran strategi pembelajaran tutor mata pelajaran IPS paket B di PKBM Suka Maju Sejahtera Kota Padang, (2) melihat gambaran hasil belajar yang diperoleh warga belajar di PKBM Suka Maju sejahtera Kota padang, dan (3) mengetahui hubungan antara strategi pembelajaran tutor dengan hasil belajar mata pelajaran IPS pendidikan kesetaraan paket B di PKBM Suka Maju Sejahtera Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah sebanyak 40 warga belajar, diambil sebanyak 50% dan sampel yaitu 20 warga belajar. Teknik dalam pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan alat pengumpulan data berupa daftar pernyataan. Teknik analisis data menggunakan rumus presentase dan menggunakan rumus rank order. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) strategi pembelajaran tutor di PKBM Suka Maju Sejahtera Kota Padang dikategorikan rendah, (2) hasil belajar mata pelajaran IPS pendidikan kesetaraan paket B di PKBM Suka Maju Sejahterah Kota Padang dikategorikan rendah, dan (3) terdapat hubungan yang signifikan antara strategi pembelajaran tutor dengan hasil belajar mata pelajaran IPS pendidikan kesetaraan paket B di PKBM Suka Maju Sejahtera Kota Padang. Disarankan kepada tutor agar memperbaiki strategi pembelajaran pada pendidikan kesetaraan paket B, pengelola program agar memfasilitasi tutor dalam rangka meningkatkan strategi pembelajaran, dan peneliti berikutnya meneliti variabel lain yang berhubungan dengan hasil belajar pendidikan kesetaraan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: STRATEGI PEMBELAJARAN, HASIL BELAJAR, PEMBELAJARAN TUTOR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 21 Jan 2022 07:16
Last Modified: 21 Jan 2022 07:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36371

Actions (login required)

View Item View Item