Pengaruh Karakteristik Dewan Direksi terhadap Kinerja Keuangan Bank Syariah (Studi pada perbankan syariah yang terdaftar di OJK 2015-2019)

Audio, Rizki (2021) Pengaruh Karakteristik Dewan Direksi terhadap Kinerja Keuangan Bank Syariah (Studi pada perbankan syariah yang terdaftar di OJK 2015-2019). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_RIZKI_AUDIO_16043118_5961_2021.pdf

Download (288kB) | Preview

Abstract

Persaingan perbankan syariah saat ini semakin ketat. Ketatnya persaingan menuntut perbankan syariah harus mampu meningkatkan kinerjanya. Kinerja perbankan syariah saat ini belum bisa dikatakan cukup baik dan masih sulit untuk bangun. Oleh sebab itu, diperlukan pengujian mengenai faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kinerja perbankan syariah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh karakteristik dewan direksi terhadap kinerja perbankan syariah. Perbedaan penelitian ini dengan penelitian sebelumnya adalah kinerja yang diukur dengan return on aset (ROA) perbankan syariah. Penelitian ini menggunakan 55 annual report dari 11 Bank Umum Syariah yang terdaftar di otoritas jasa keuangan (OJK) untuk periode 2015-2019. Karakteristik dewan direksi dilihat dari ukuran dewan direksi, remunerasi dewan direksi, frekuensi rapat dewan direksi, usia dewan direksi, dan latar belakang pendidikan dewan direksi. Data dianalisis dengan metode analysis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda serta pengujian hipotesis dengan uji asumsi klasik dan uji kelayakan model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik dewan direksi dimana remunerasi dewan direksi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perbankan syariah dan latar belakang Pendidikan dewan direksi berpengaruh negatif terhadap kinerja perbankan syariah. ukuran dewan direksi, frekuensi rapat dewan direksi dan usia dewan direksi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja bank syariah. Perbankan syariah dapat meningkatkan kinerjanya dengan meningkatkan remunerasi dewan direksi. Peningkatan remunerasi dewan direksi mampu memotivasi dewan direksi untuk lebih meningkatkan kinerjanya dikarenakan bonus-bonus yang akan diterimanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 21 Jan 2022 07:15
Last Modified: 21 Jan 2022 07:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36367

Actions (login required)

View Item View Item