Metode Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Tiumang Kabupaten Dharmasraya

Sholehatin, Sholehatin (2021) Metode Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Tiumang Kabupaten Dharmasraya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_SHOLEHATIN_17329202_4246_2021.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana minat belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam, metode pembelajaran yang digunakan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan minat belajar agama, dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan minat belajar pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tiumang. Jenis penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah mixed methods dengan model sequential explanatory design. Banyak hal yang dilakukan oleh peneliti untuk mengumpulkan data mulai dari observasi, wawancara, dokumentasi, dan penyebaran angket yang dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tiumang. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik berjumlah 67 orang, dan sumber data penelitian ini terdiri dari guru pendidikan agama Islam, kepala sekolah SMP Negeri 1 Tiumang, dan wakil kurikulum SMP Negeri 1 Tiumang, serta dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Tiumang Kabupaten Dharmasraya tergolong dalam kategori sedang/cukup baik. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pesertase jawaban peserta didik sebesar 55,2% atau sebanyak 37 siswa dari 67 responden. 2) Metode pembelajaran yang diterapkan guru pendidikan agama Islam untuk meningkatkan minat belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Tiumang ada sembilan metode, yaitu: metode ceramah, diskusi, tanya jawab, pemberian tugas, demonstrasi, keteladanan, nasihat, hadiah (reward) & hukuman (punishment). Dari sembilan metode tersebut yang menjadi metode unggulan ada empat yaitu: metode ceramah, diskusi, demonstrasi, dan tanya jawab. Adapun kreatifitas guru dalam menerapkan metode-metode pembelajaran, yaitu dengan menggunakan teknik pembelajaran yang diterapkan guru. Teknik pembelajaran tersebut yaitu: pembelajaran di luar kelas, pemberian kuis, dan pemberian pertanyaan spontan kepada peserta didik yang sudah mulai tidak fokus dan jenuh. Faktor pendukung dalam penerapan metode pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada pendidikan agama Islam yaitu pertama, dukungan penuh kepala sekolah. kedua, dukungan pendidik sejawat. Ketiga, kebiasaan membaca buku-buku tentang metode dan strategi pembelajaran. keempat, mengikuti seminar-seminar tentang strategi belajar. Faktor penghambat yang dihadapi guru dalam penerapan metode pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar yaitu kurangnya sumber belajar yang dimanfaatkan dan media belajar yang digunakan guru, kurangnya motivasi belajar peserta didik, dan kurangnya pengawasan orangtua dalam belajar agama di rumah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: METODE GURU
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 21 Jan 2022 03:16
Last Modified: 21 Jan 2022 03:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36361

Actions (login required)

View Item View Item