Analisis Keterlaksanaan Pembelajaran Geografi di Kelas Lintas Minat Geografi Pada Kelas X MIPA di SMAN 2 Painan

Ningsih, Seruni Desti (2021) Analisis Keterlaksanaan Pembelajaran Geografi di Kelas Lintas Minat Geografi Pada Kelas X MIPA di SMAN 2 Painan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_SERUNI_DESTI_NINGSIH_17045165_4600_2021.pdf

Download (196kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran lintas minat geografi pada kelas X MIPA Di SMAN 2 Painan yaitu (1) Pertimbangan di SMAN 2 Painan menetapkan mata pelajaran lintas minat geografi kelas X, (2) Prosedur Di SMAN 2 Painan saat pemilihan lintas minat geografi kelas X, (3) Pelaksanaan kurikulum 2013 di SMAN 2 Painan pada proses belajar lintas minat geografi. (4) Faktor-faktor penghambat pelaksanaan lintas minat geografi pada kelas X MIPA Di SMAN 2 Painan, (5) Solusi bagi peserta didik saat terkendala dalam proses pembelajaran lintas minat geografi di kelas X. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini berada Di SMAN 2 Painan. Informan penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil kurikulum, Guru Geografi, Wali Kelas XII IPS, dan Peserta Didik Kelas XII MIPA Di SMAN 2 Painan. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi mengelompokan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan & verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut : 1) Pertimbangan di SMAN 2 Painan menetapkan mata pelajaran lintas minat geografi kelas X sangat bergantung pada sumber daya. Salah satu sumber daya yang dimiliki yaitu seorang guru geografi. guru geografi mampu memiliki skill dan pengetahuan yang unggul. Pihak sekolah akan memberikan angket dan kuesioner kepada peserta diidk yang akan memilih mata pelajaran lintas minat geografi di kelas X, 2) Prosedur di SMAN 2 Painan bagi peserta didik memilih proses belajar lintas minat geografi di kelas X melalui voting. Voting dapat menentukan jumlah peserta didik dan jumlah guru geografi yang akan berkontribusi pada kelas X lintas minat geografi, 3) Pelaksanaan pembelajaran lintas minat geografi baik itu mata pelajaran wajib geografi dengan lintas minat geografi baik itu MIPA maupun IPS hanya jumlah jam, jumlah tenaga guru geografi yang kurang memadai, 4) Faktor penghambat pelaksanaan lintas minat geografi salah satu nya. kurang nya jumlah guru geografi, kurang nya jam bagi guru geografi, kurangnya peminat peserta didik yang memilih mata pelajaran geografi, dan kurang nya guru berinteraksi terhadap peserta didik saat memulai mata pelajaran geografi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN GEOGRAFI
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 21 Jan 2022 02:24
Last Modified: 21 Jan 2022 02:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36359

Actions (login required)

View Item View Item