Hubungan Antara Minat dengan Partisipasi Ibu-Ibu Balita pada Aktivitas Posyandu Bunga Tanjung Gasan Gadang Kabupaten Padang Pariaman.

Efendi, Dafid (2021) Hubungan Antara Minat dengan Partisipasi Ibu-Ibu Balita pada Aktivitas Posyandu Bunga Tanjung Gasan Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_DAFID_EFENDI_17005064_3705_2021.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya partisipasi ibu-ibu balita untuk datang ke posyandu diduga karena minat ibu-ibu balita kurang pada aktivitas posyandu Bunga Tanjung Gasan Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran minat ibu-ibu balita, melihat gambaran partisipasi ibu-ibu balita, dan untuk melihat hubungan antara minat dengan partisipasi ibu-ibu balita. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh orang tua/peserta yang ada di posyandu. Sedangkan sampel diambil menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Sedangkan untuk teknik analisis data digunakan rumus persentase dan rumus spearmen rho. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa a) minat ibu-ibu balita pada kegiatan posyandu masih rendah; b) partisipasi ibu-ibu balita pada kegiatan posyandu masih rendah; dan c) terdapat hubungan yang signifikan antara minat dengan partisipasi ibuibu balita pada aktivitas posyandu. Disarankan kepada kader posyandu agar melakukan berbagai kreatifitas yang dapat menumbuh kembangkan minat ibu-ibu balita sehingga berpartisipasi dalam mengikuti setiap kegiatan yang ada di posyandu dan kepada ibu-ibu balita untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan posyandu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MINAT, PARTISIPASI, BALITA, POSYANDU
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
R Medicine and Food > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 21 Jan 2022 02:24
Last Modified: 21 Jan 2022 02:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36358

Actions (login required)

View Item View Item