Problematika Penggunaan Fitur-fitur E-Learning UNP di Jurusan Sejarah FIS UNP Masa Pandemi Covid-19

Febrianti, Ririn (2021) Problematika Penggunaan Fitur-fitur E-Learning UNP di Jurusan Sejarah FIS UNP Masa Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_RIRIN_FEBRIANTI_17046185_4842_2021.pdf

Download (273kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui kendala-kendala yang dirasakan oleh dosen dan mahasiswa dalam memanfaatkan dan mengakses fitur-fitur e-learning. Jenis penelitian ini merupakan penelitian campuran (kualitatif dan kuantitatif). Subjek penelitian ini adalah dosen jurusan sejarah sebanyak 10 orang (mewakili per-mata kuliah) dan mahasiswa jurusan sejarah angkatan 2018. Penelitian ini lebih berfokus kepada kendala-kendala dalam menggunakan dan mengakses fitur-fitur e-learning (e-learning 2 dan 3). Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, pengamatan, dokumentasi dan kuesioner. Analisis data kualitatif menggunakan model interaktif B.Miles dan Hubermen sedangkan data kuantitatif dianalisis dengan rerata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala yang dirasakan oleh dosen dalam memanfaatkan fitur e-learning diantaranya; pengetahuan teknis secara rinci dalam mengatur fitur tertentu belum dikuasai oleh dosen. Fitur tersebut yakni fitur BigBlueButton, Chat, Choice, Glossarry, Lesson, Quiz, Wiki, Book, Folder, Label, Page, serta URL (masih terbatas digunakan; di bawah 10%). Fitur yang umum digunakan oleh dosen yakni fitur assignment, attendance, forum, dan file (pemanfaatan pada rentang 10%-20%). Kendala akses e-learning yang dirasakan oleh mahasiswa, yakni sering eror terutama pagi hari. Kendala dalam mengakses fitur elearning adalah mahasiswa tidak mengetahui secara detil fungsi masing-masing fitur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 21 Jan 2022 02:24
Last Modified: 21 Jan 2022 02:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36356

Actions (login required)

View Item View Item