Pengaruh Pendapatan Daerah, Tingkat Kesejahteraan Masyarakat, dan Kualitas Laporan Keuangan Terhadap Pelaksanaan Internet Financial Reporting (IFR) (Pemerintah Daerah di Pulau Sumatera Tahun Anggaran 2019)

Melati, Mega (2021) Pengaruh Pendapatan Daerah, Tingkat Kesejahteraan Masyarakat, dan Kualitas Laporan Keuangan Terhadap Pelaksanaan Internet Financial Reporting (IFR) (Pemerintah Daerah di Pulau Sumatera Tahun Anggaran 2019). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_MEGA_MELATI_17043019_6127_2021.pdf

Download (403kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) Pengaruh pendapatan daerah terhadap Internet Financial Reporting (IFR), (2) Pengaruh tingkat kesejahteraan masyarakat terhadap Internet Financial Reporting (IFR), (3) Pengaruh kualitas laporan keuangan terhadap Internet Financial Reporting (IFR). Internet Financial Reporting (IFR) dalam penelitian ini diukur berdasarkan ketersediaan informasi keuangan sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri No. 188.52/1797/SJ tahun 2012. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kausatif. Populasi dalam penelitian ini meliputi Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Pulau Sumatera tahun anggaran 2019. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini meliputi 130 Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Pulau Sumatera tahun anggaran 2019. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Data laporan keuangan dan PDRB/pendapatan per kapita diperoleh melalui website resmi BPK dan BPS, sedangkan untuk data IFR diperoleh melalui website masing-masing pemerintah daerah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan daerah berpengaruh positif signifikan terhadap pelaksanaan Internet Financial Reporting (IFR) Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Pulau Sumatera tahun anggaran 2019, tingkat kesejahteraan masyarakat tidak berpengaruh signifikan terhadap pelaksanaan Internet Financial Reporting (IFR) Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Pulau Sumatera tahun anggaran 2019, dan kualitas laporan keuangan tidak berpengaruh signifikan terhadap pelaksanaan Internet Financial Reporting (IFR) Pemerintah Daerah di Pulau Sumatera tahun anggaran 2019. Penelitian ini memberikan studi literatur yang komprehensif tentang pengaruh pendapatan daerah, tingkat kesejahteraan masyarakat, dan kualitas laporan keuangan terhadap pelaksanaan Internet Financial Reporting (IFR) pada Pemerintah Daerah Kabuapten/Kota di Pulau Sumatera

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 21 Jan 2022 02:22
Last Modified: 21 Jan 2022 02:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36347

Actions (login required)

View Item View Item