Pengaruh Model Cooperative Tipe Make A Match Berbantuan video terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPA kelas VIII di SMPN 2 Bukittinggi.

Nurhasanah, Suci (2021) Pengaruh Model Cooperative Tipe Make A Match Berbantuan video terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPA kelas VIII di SMPN 2 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_SUCI_NURHASANAH_17004105_6162_2021.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran berdasarkan fenomena di SMPN 2 Bukittinggi, bahwa aktivitas belajar siswa masih didominasi oleh guru dan sebagian siswa belum mencapai batas kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan model pembelajaran cooperative tipe make a match berbantuan video terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII di SMPN 2 Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berbentuk experiment. Popualasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Bukittinggi yang terdiri dari 10 kelas. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling, yang mana kelas VIII.2 menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu VIII.9. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes objektif sebanyak 40 butir soal, alat penggumpulan data berupa lembaran jawaban.Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen yang menerapkan model cooperative tipe make a match berbantuan video 81,67, lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 75,33. Berdasarkan uji t diperoleh thitung = 2,1081 sedangkan ttabel pada α 0,05 adalah 2,048. Jika dibandingkan, maka thitung lebih besar dari ttabel ( 2,1081>2,048). Berdasarkan hasil uji t tersebut dapat disimpulkan, penerapan model pembelajaran cooperative tipe make a match berbantuan video berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII di SMPN 2 Bukitinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN, MEDIA PEMBELAJARAN, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 20 Jan 2022 07:34
Last Modified: 20 Jan 2022 07:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36346

Actions (login required)

View Item View Item