Kontribusi Keterampilan Menyimak Berita terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Lubuk Basung

Suci, Farni (2021) Kontribusi Keterampilan Menyimak Berita terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Lubuk Basung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_FARNI_SUCI_16016098_ 5206_2021.pdf

Download (685kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian mendeskripsikan tiga hal berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menyimak berita siswa kelas VIII SMP N egeri 3 Lubuk Basung. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Lubuk Basung. Ketiga, menjelaskan kontribusi keterampilan menyimak berita terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP N egeri 3 Lubuk Basung. J enis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain kontribusional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N egeri 3 Lubuk Basung yang terdaftar pada tahun ajaran 2020/2021 sebanyak 264 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 52 siswa (20%) yang ditentukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu keterampilan menyimak berita sebagai variabel bebas dan keterampilan menulis teks berita sebagai variabel terikat. Data penelitian ini berupa skor hasil tes keterampilan menyimak berita dan skor hasil tes keterampilan menulis teks berita. Data tersebut diperoleh melalui dua jenis tes, yaitu tes objektif untuk mengukur keterampilan menyimak teks berita dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks berita. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Lubuk Basung berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 80,05. Kedua, keterampilan menyimak berita siswa kelas VIII SMP N egeri 3 Lubuk Basung berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 79,75. Ketiga, keterampilan menyimak berita berkontribusi sebesar 50,69% terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Lubuk Basung. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa keterampilan menyimak berita diperlukan untuk menunjang keterampilan menulis teks berita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 20 Jan 2022 07:34
Last Modified: 20 Jan 2022 07:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36345

Actions (login required)

View Item View Item