Efektivitas Pendekatan Project Based Learning Dalam Keterampilan Vokasional Membuat Pomade bagi Siswa Tunarungu di Kelas VIII di SLBN 2 Padang

Iqbal, Muhammad (2021) Efektivitas Pendekatan Project Based Learning Dalam Keterampilan Vokasional Membuat Pomade bagi Siswa Tunarungu di Kelas VIII di SLBN 2 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
2_A_MUHAMMAD_IQBAL_15003129_591_2021.pdf

Download (289kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi olehpermasalahan yang peneliti temukan pada kelas VIII B di SLBN 2 Padang. Keterampilan yang diberikan kurang sesuai dengan minat siswa pada kkelas tersebut, serta metode pembelajaran yang digunakan guru hanya metode demonstrasi dan ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan inovasi baru berupa pendekatan Project Based Learning untuk menunjang minat dan bakat siswa dalam keterampilan vokasional baru yaitu pembuatan pomade. Peneliti menggunakan metode eksperimen yang berbentuk pre-experimental design dengan jenis one group pretest-posttest design dengan sampel lima orang siswa tunarungu. Kemampuan yang dinilai pretest dan posttest diolah serta dibandingkan dengan menggunakan uji Mann Whitney. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1)proses pembuatan pomade pada siswa tunarungu terlaksana sesuai dengan langkah-langkah pendekatan Project Based Learning. 2) Berdasarkan hasil postest, Project Based Learning efektif digunakan dalam mengajarkan keterampialan membuat pomade bagi siswa tunarungu pada kelas VIII di SLBN 2 Padang, terlihat dari kemampuan siswa tunarungu dalam membuat pomade setelah dianalisis dengan melihat rata-rata pada saat pretest dan posttest. Jadi terbukti bahwa pendekatan project based learning Saran dalam penelitian ini agar guru dan siswa tunarungu di SLBN 2 Padang dapat menggunakan project based learning dalam meningkatkan kemampuan membuat pomade bagi siswa lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 20 Jan 2022 07:34
Last Modified: 20 Jan 2022 07:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36339

Actions (login required)

View Item View Item